Friday, November 21, 2014

Contoh RPP Bhs. Inggris



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH                             : MTs. AL-MUHTADIN
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Alokasi Waktu                        : 6 x 35 Menit (3 x pertemuan)
Skill                                         : Listening
Tema                                       : My favorite Animals and Plants
Jenis Teks                                : Transaksional/Interpersonal


STÁNDAR KOMPETENSI : (SK-1)
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

KOMPETENSI DASAR : (KD-1.1)
Merespon makna dalam percakapan trasaksional (to get thing done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutor : meminta, memberi, menolak jasa, meminta,memberi,menolak barang, mengakui, mengingkari fakta dan meminta dan memberi pendapat.

INDIKATOR
A.    Tujuan Pembelajaran
      Akhir dari pembelajaran ini siswa diharapkan :
1.      Merespon ungkapan meminta, memberi atau menolak jasa
2.      Merespon ungkapan meminta atau menolak barang
3.      Merespon ungkapan meminta, memberi, mengingkari informasi
4.      Merespon ungkapan meminta, memberi pendapat.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
a.       Percakapan-percakapan singkat yang memuat ungkapan-ungkapan sebagai berikut :          
      1. A     : Would you like to drink a glass of ice?
          B     : Of course/certainly
      2. A     : Could you help me?
          B     : Yes. I could/ No. I couldn’t
      3. A     : What do you think of this?
          B     : Not Bad.
      b. Kosakata terkait tema/jenis teks.
          Misalnya : accompany, invite, to look around, offer
      c. Ungkapan Baku.
          - Would you like                        - Of course/certainly
          - Could you                               - Yes/No.

C.    METODE PEMBELAJARAN : Three- Phase Technique

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
  1. Kegiatan Pendahuluan
a.       Merespon berbagai hal terkait dengan materi
b.      brain storming
c.       Realia
2.      Kegiatan Inti
            Pertemuan I
§  Mengelompokkan kosakata terkait topic yang akan dibahas (Verb,adverb,adj)
§  Mendengarkan percakapan tentang materi terkait
§  Merespon ungkapan-ungkapan yang terkait materi
§  Menjawab berbagai informasi yang terdapat dalam percakapan
           
            Pertemuan II
§  Menentukan makna dalam kalimat
§  Menjawab informasi yang terdapat dalam percakapan
§  Merespon ungkapan-ungkapan yang terkait materi
            Pertemuan III
§  Menentukan makna kata dan menggunakan dalam kalimat
§  Merespon ungkapan-ungkapan yang terkait materi
§  Menjawab informasi yang terdapat dalam percakapan
  1. Kegiatan Penutup
§  Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
§  Menyimpulkan materi pembelajaran
§  Memberi kesempatan siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sebenarnya

E.     SUMBER BELAJAR
a.       Let’s talk, Intan Pariwara hal. 75, 76-126
b.      Script percakapan dan rekaman percakapan

F.     PENILAIAN
a.       Teknik             : Tes lisan dan tes tulis
b.      Bentuk                        : Merespon ungkapan dan melengkapi percakapan
c.       Instrumen

I.       Listen to the expression and give your response.
1.      Hello Ani. How are you? Would you mind to take care of my cat ? ………
2.      A : Would you give the foods of my dog , please?
B : ……………………………………..
3.      A : Could you help me to water the plants in the gadenr?
B : ……………………………………..
II.                Listen to the dialogue and complete the text
1.      A : ……… to accompany me buy the jasmine flowers ?
B : Yes…………………………………
2.      A : How do you  think about this rose?
B : ……………………………………..
3.      A : Could you lend me some money?
B : ………… I don’t have any money

III.             1.   Bob : Would you bring these flower  please?
                  Gary: Yes. I would / No. I wouldn’t

G. PEDOMAN PENILAIAN
1.      Untuk nomor 1, tiap jawaban benar skor 3.
2.      Untuk nomor 2, tiap jawaban benar skor 3
3.      Jumlah skor maksimal :           3 x 3 = 9
                                                            3 x 3 = 9
 18
4.      Nilai maksimal            = 10
5.      Nilai siswa                   = Skor perolehan    x 10  
                                                    Skor maksim

















H.  RUBRIK PENILAIAN
     
Instrumen.
URAIAN
SKOR
Isian/jawaban langsung
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang benar
Tidak menjawab
5
3
2
0
                                                        Keerom,…………….

           
  APPROVAD                                                                                 ENGLISH TEACHER,

         HEADMASTER                                                                         



         SYAMSUDINS,Pd.                                                                        NURAINI,S,Pd
         NIP.196502211990021001

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH                            : MTs.Al-MUHTADIN
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas / Semester                      : VIII / I
Alokasi Waktu                        : 5 x 35 Menit
Skill                                         : Listening
Tema                                       : My Favorite Animals and Plants
Jenis Teks                                : Transaksional/Interpersonal

STÁNDAR KOMPETENSI : (SK-1)
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

KOMPETENSI DASAR : (KD-1.2)
Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get thing done) dan interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan Sangay sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutor : mengundang,menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui,memuji dan memberi selamat.

INDIKATOR
Merespon ungkapan-ungkapan :
§  Mengundang, menerima dan menolak ajakan
§  Menyetujui/tidak menyetujui
§  Memberi selamat

A.    Tujuan Pembelajaran
      Akhir dari pembelajaran ini siswa diharapkan :
a.       Merespon ungkapan mengundang, menerima atau menolak ajakan
b.      Merespon ungkapan menyetujui/tdk menyetujui
c.       Merespon ungkapan memuji
d.      Merespon ungkapan memberi selamat

B.     Materi Pembelajaran
a.       Percakapan-percakapan singkat yang memuat ungkapan-ungkapan sebagai berikut :          
1.      A   : Would you like to go to camping with us next holiday?
            B   : That would be fun
2.      A   : Do you agree if we go out tonight?
            B   : Yes. I agree
            C   : I don’t agree with you. I must go to Abepura
3.      A   : What a beautiful bag?
            B   : Thank you
4.      A   : Happy birthday!
            B   : Thanks
b.      Kosakata terkait tema/jenis teks.
            Misalnya : a compliment, a meeting, grades, an outfit, etc
c.       Verbs : to attend, to accompany, to invite, etc
d.      Ungkapan Baku : - Would you like     - Thanks    - Do you agree      - Thank you

C. METODE PEMBELAJARAN : Three- Phase Technique

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Pendahuluan
§  Brain storming; tanya jawab berbagai hal terkait dengan ungkapan mengundang, menerima dan menolak ajakan
§  Realia
2.      Kegiatan Inti
      Pertemuan I
§  Elciting kosakata terkait topik yang akan dibahas (noun,verb,adj,adverb)
§  Menentukan makna kata dan menggunakan dalam kalimat
§  Mendengarkan guru dan menirukan ungkapan-ungkapan mengundang
§  Menjawab berbagai informasi yang terdapat dalam percakapan
§  Merespon ungkapan-ungkapan mengundang, menerima/menolak ajakan, dan 
§  Menyetujui / tidak menyetujui
3.      Kegiatan Penutup
§  Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
§  Menyimpulkan materi pembelajaran
§  Memberi kesempatan siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sebenarnya

            Pertemuan II
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Brain storming
·         Tanya jawab berbagai hal terkait dengan ungkapan memuji dan memberi selamat
·         Realia
2.      Kegiatan Inti
·         Elciting kosakata terkait topik yang akan dibahas (noun,verb,adj,adverb)
·         Menentukan makna kata dan menggunakan dalam kalimat
·         Mendengarkan guru dan menirukan ungkapan-ungkapan mengundang
·         Menjawab berbagai informasi yang terdapat dalam percakapan
·         Merespon ungkapan-ungkapan mengundang, memuji dan memberi selamat
3.      Kegiatan Penutup
·         Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
·         Menyimpulkan materi pembelajaran
·         Memberi kesempatan siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sebenarnya

E.     SUMBER BELAJAR
1.      Let’s talk, Intan Pariwara hal. 23, 51, 126
2.      Script percakapan dan rekaman percakapan

F.     PENILAIAN
1.      Teknik             : Tes tulis
2.      Bentuk                        : Isian singkat, Pilihan Ganda
3.      Instrumen

I.       Listen and choose the best answer
1.      A   : “This Saturday night I am holding my birthday party. Why don’t you all come?
B   : We’d love to. Thanks
                          The underlined utterance is used ……..
                          a. to invite people                  c. to have an offer
                          b. to thank people                 d. to have a leave taking
2.      A   : It’s a lovely day, isn’t it?
B   : “Yes, it is”
A   : Will you accompany me to for swimming?
B   : “……………………………….”
3.      Sari            : I’m going to wear this dress at Ratu’s birthday party
                                      What do you think, Vivi?
Vivi           : That’s fine                
The underlined expression shows………...
a. an announcement                      c. an invitation
                  b. a greeting                                  d.  a surprise
4.      Nia                       : “You are going to be our headmaster, aren’t you Mr. Adi?
                  Mr. Adi     : “That’s true”
                  Nia                        : __________ on your promotion
                  Mr. Adi     : “Thank you, Nia”
                  a. Be successful                             c.congratulation
                  b. Wish me luck                            d. Good bye
5.      A   : You have a beautiful hair!
                  B   : ……………………………………
                  a. No way                  b . Oh, No               c. Thank you               d. I’m sorry    
         
II.    Listen to the expression and give your response orally.
1.      Hello Ria. How are you? Would you like to go camping with us next holiday?
2.      A   : Let’s go to the Jazz festival tonight!
B   : ……………….. Jazz is not my music
3.      A   : Everything is now expensive
B   : I ……… with you
4.      A   : Today is your birthday
B   : ………………………………….
A   : Thanks
5.      A   : Look Dad. I got 10
                  B   : ………………… I’m really proud of you

G.    PEDOMAN PENILAIAN
1.      Untuk nomor I, tiap jawaban benar skor 2.
2.      Untuk nomor II, tiap jawaban benar skor 3
3.      Jumlah skor maksimal :           5 x 2 = 10
                                                      5 x 3 = 15
                                                                  15
4.      Nilai maksimal            = 10
5.      Nilai siswa                   = Skor perolehan    x 10   
                                                    Skor maksimal

H.  RUBRIK PENILAIAN
     
Instrumen.
URAIAN
SKOR
Isian/jawaban langsung
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang benar
Atidak menjawab
3
2
1
0
Pilihan Ganda
Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaban yang salah/tidak dijawab
2
0


                                                        Keerom,…………….

  APPROVAD                                                                         ENGLISH TEACHER,

            HEADMASTER                                                                         


            SYAMSUDIN, S,Pd.                                                                             NURAINI,  S,Pd
           NIP.196502211990021001









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH                                        :  MTs.Al-Muhtadin
Mata Pelajaran                                    : Bahasa Inggris
Kelas / Semester                                  : VIII / I
Alokasi Waktu                                    : 2 x 35 Menit (1 x pertemuan)
Skill                                                     : Listening (Mendengar)
Tema                                                   : Invitation
Jenis Teks                                            : Teks fungsional / Monolog

STÁNDAR KOMPETENSI : (SK-2)
Memahami makna dalam teks lisan funsional pendek sederhana berbentuk deskriptive dan recount untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.

KOMPETENSI DASAR : (KD-2.1)
Merespon makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

INDIKATOR
-          Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek berupa undangan
-          Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks fungsional pendek berupa undangan

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
  1. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek berupa undangan
  2. Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks fungsional pendek berupa undangan

B.     MATERI PEMBELAJARAN
a.       Teks fungsional pendek berupa undangan
Contoh
Dear Rio,
     I want you to come my house for lunch on Sunday at 12.00 a.m.
Thanks,
Mona
b.      Ciri kebahasaan: teks fungsional pendek
c.       Ungkapan baku: I want you to come…, please come to…, don’t forget to come to….
     
C.    METODE PEMBELAJARAN : Three- Phase Technique

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.Kegiatan Pendahuluan
-          Brainstorming. Tanya jawab berbagai hal yang berkaitan dengan materi yang akan dibicarakan.
-          Membahas kosakata yang terkait dengan tema/topic undangan (Noun phrase, Verb phrase)
2.      Kegiatan Inti
-          Membahas ungkapan yang sering muncul dalam undangan
-          Mendengarkan teks fungsional pendek berupa undangan
-          Menjawab pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam teks fungsional berbentuk undangan
-          Mengidentifikasikan ciri kebahasaan teks fungsional pendek berbentuk undangan (invite, occasion, time, place)
3.      Kegiatan Penutup
-          Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
-          Menyimpulkan materi pembelajaran

E.     SUMBER BELAJAR
-        Buku teks yang relevan : Let’s talk. Dra Helena I.R.A, M.A, Ph.D. Pakaraya 2005
-        Kamus


F.     PENILAIAN
a.       Teknik             : Tes lisan dan tes tulis
b.      Bentuk                        : Melengkapi undangan
c.       Instrumen

I.       Complete the invitation by listening to your teacher.
Dear Daniel,
I want you to …. to my …..party. It will be …… at…..on  Sunday at ……..p.m.
Thanks,
Niko.

II.                Answer the questions based on invitation you have complete
        1  Who is the writer of the invitation?
              2. Whom is the invitation for?
              3.Where will the party be held?
  4.Is the party in the morning?
  5.What kind of party will Niko be held?


G.    PEDOMAN PENILAIAN
a.Untuk nomor I, tiap jawaban benar skor  2
b.Untuk nomor II, tiap jawaban benar diberi skor 2
c.Jumlah skor maksimal    5 x 2 = 10
                                                5 x 2 = 10
                       Jumlah                          20
d.Nilai maksimal  = 10
e.Nilai  Siswa =     Skor Perolehan x  10
                                   Skormaksimal

H.    RUBRIK PENILAIAN
NO
Uraian
Skor
I
Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaban yang salah / tidak dijawab
2
0
II
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
2
1
0
                                                                                                           
                                                                                                 Keerom,…………….

  APPROVAD                                                                            ENGLISH TEACHER,

            HEADMASTER                                                                         


            SYAMSUDIN,S,Pd.                                                                  NURAINI  S.Pd
           NIP.196502211990021001














LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

STUDENTS’ ORGANIZATION
   Madrasah Tsanawiyah (MTs)
“Al- Muhtadin”


To       : Franklin

We invite you to attend our meeting.
It will be held :
I.       On Saturday, August 30, 2007
J.       At 11 a.m.
K.    In the school hall

Agenda            : Final preparation for Wall Magazine Competition 2007.

Please come on time.
See you there.

Diana                                                                                                                        Burhan


Secretary                                                                                                                  Chairperson

Task : Listen to the questions and answer !
  1. Who is the invitation for?
  2. When will the meeting be held?
  3. Is the meeting in the afternoon?
  4. Is Franklin an VIII student ?
  5. Where will the meeting be held?
  6. What is the topic of the meeting?
  7. Who is the chairman?

Answer Key :
  1. Franklin
  2. On Saturday, August 30,2007 at 11 a.m
  3. No, it isn’t
  4. Yes, he is
  5. In the school hall
  6. Final preparation for wall magazine competition 2007.
  7. Burhan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH                                        :MTs.AL-MUHTADIN
Mata Pelajaran                                    : Bahasa Inggris
Kelas / Semester                                  : VIII / I
Alokasi Waktu                                    : 2 x 35 Menit (1 x pertemuan)
Skill                                                     : Listening (Mendengar)
Tema                                                   : Descriptive text and Recound Text
Jenis Teks                                            :  Transaksional

STÁNDAR KOMPETENSI : (SK-2)
Memahami makna dalam teks lisan funsional pendek sederhana berbentuk deskriptive dan recount untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.

KOMPETENSI DASAR : (KD-2.2)
Merespon makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount..

INDIKATOR
§  Mengidentifikasi informasi/makna yang terdapat dalam teks berbantuk descriptive dan recount
§  Mengidentifikasi langkah retorika dalam teks descriptive dan recount.

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
1.      Menceritakan secara lisan kronologis pengalaman dalam teks monolog pendek berbentuk descriptive dan recount.
2.      Menentukan bagian-bagian dari teks descriptive dan recount mengekspresikan suasana dan pengalaman.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
1.      Teks Lisan berbentuk descriptive (describing activities of someone) dan recount (personal experiences)
§  Descriptive Text
Roni is a young man. He lives in a big house. He is very rich and kind. He is also tall and handsome. He likes sport, so he becomes healthy and strong. In the morning, he usually goes jogging on the street before he goes to his office. Everybody likes to do exercises there because the street is wide. It is also clean. It is not so crowded as it is in the noon.
§  Recount Text
Hi, when I was a child, I had two friends. I haven’t seen them again since I moved from Biak. They are twins. Their names are Rina and Rini. They were born in Biak, Papua. Their father was a farmer and their mother was a housewife. They were always happy. They were very kind to everybody. They were never sad. Life was very nice.

2.      Tata bahasa dan kosakata terkait tema:
§  Descriptive:           - Simple Present Tense
- Generic structure (Identification dan Description)
§  Recount:                - Simple Past dan Past Continuous Tense
- Generic structure (Setting or Orientation, Last of Events and
   Re- orientation)
§  Kosa Kata             - Stories
- Explorer
- Adjectives
- Nouns
- Adverbs
- Verb
C.    METODE PEMBELAJARAN : Three- Phase Technique

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Pendahuluan
-          Tanya jawab mengenai seseorang
-          Brain storming
2.      Kegiatan Inti
-          Mengungkapkan kosa kata dan teks descriptive dan recount
-          Menggunakan kosa kata dan tata bahasa dalam kalimat
-          Menirukan kata-kata yang diucapkan guru
-          Mendengarkan contoh untuk ungkapan pendek
-          Menamai bagian-bagian penting dalam teks descriptive dan recount.
3.      Kegiatan Penutup
-          Menanyakan kesuliatan siswa selama PBM
-          Menyimpulkan materi
-          Menugaskan siswa untuk mendeskripsikan seseorang

E.     SUMBER BELAJAR
1.      English on Sky, grade VIII Erlangga:58.
2.      Move On, grde VIII Ganeca:6.
3.      Script monolog pendek

F.     PENILAIAN
a.       Teknik             : Tes Lisan
b.      Bentuk                        : Performance
c.       Instrumen        :
-          Answer the questions orally based on the text.
-          Choose the best option

G.    PEDOMAN PENILAIAN
1.      Materi 4 = 80 – 100
2.      Materi 3 = 60 – 79
3.      Materi 2 = 50 – 59
4.      Materi 1 = kurang dari 50
5.      Jumlah Nilai Maksimal = 100
6.      Nilai Siswa = 1 + 2 + 3 + 4
       4


                                                                                            Keerom,…………….

  APPROVAD                                                                         ENGLISH TEACHER,

            HEADMASTER                                                                         


            SYAMSUDIN,S,Pd.                                                              NURAINI,S,Pd
           NIP.196502211990021001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH                                        : MTs.AL-MUHTADIN
Mata Pelajaran                                    : Bahasa Inggris
Kelas / Semester                                  : VIII / I
Alokasi Waktu                                    : 4x 35 Menit (3 x pertemuan)
Skill                                                     : BERBICARA (SPEAKING)
Tema                                                   :
Jenis Teks                                            :  Percakapan transaksional dan interpersonal

§  STANDAR KOMPETENSI      : (SK-3)
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

§  KOMPETENSI DASAR           : (KD-3.1)
Mengungkapkan  makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana dengan                           menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, dan menolak jasa; meminta, memberi, dan menolak barang; mengakui, mengingkari fakta; dan meminta, dan memberi pendapat.

§  INDIKATOR                  :
Bertanya dan menjawab tentang:
1.      Meminta, memberi, dan menolak jasa
2.      Meminta, memberi, dan menolak barang
3.      Mengakui dan mengingkari fakta
4.      Meminta, dan memberi pendapat.


A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Akhir dari pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Bertanya dan menjawab menggunakan ungkapan-ungkapan meminta, memberi, dan menolak jasa; meminta, memberi, dan menolak barang; mengakui, mengingkari fakta; dan meminta, dan memberi pendapat.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
Percakapan transaksional dan interpersonal sederhana yang memuat ungkapan-ungkapan :
v  Meminta, memberi dan menolak jasa / barang.
A: Let me help you.                                 A: Would you mind to send this letter?
B:  Thank you so much.                            B: I’m sorry. I’m busy now.

A:  Can I have a bit?                                 A: May I use your typewriter, please?
B:  Sure. Here you are.                             B: Not now. I’m using it.

v  Mengakui dan mengingkari fakta
A: Did you break the glass?
B:  Yes, I did / No, it wasn’t me.

v  Meminta dan memberi pendapat.
A:  What do you think of this?
B:  Not bad.

C.    METODE PEMBELAJARAN :           Three – Phase Technique

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
PERTEMUAN I
§  Kegiatan Pendahuluan                       
-       Tanya jawab tentang berbagai hal yang berhubungan dengan kegiatan siswa.
-       Tanya jawab yang berhubungan dengan materi.


§  Kegiatan Inti
-          Memperkenalkan dan membahas kosa kata baru dalam ungkapan-ungkapan yang diberikan.
-          Mendengarkan percakapan yang diucapkan guru.
-          Mendengarkan dan menirukan ungkapan-ungkapan yang diucapkan guru.
-          Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.
-          Berlatih menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut dalam percakapan.

§  Kegiatan Penutup
-          Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami ungkapan-ungkapan yang telah diajarkan.
-          Mengecek kembali pemahaman siswa.
-          Menyimpulkan materi pembelajaran.
-          Menugaskan siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya.

PERTEMUAN II
§  Kegiatan Pendahuluan                        :
-          Tanya jawab tentang berbagai hal yang berhubungan dengan kegiatan siswa.
-          Tanya jawab terkait dengan materi tentang ungkapan mengakui dan mengingkari fakta.

§  Kegiatan Inti
-       Mendengarkan percakapan yang diucapkan guru.
-       Mendengarkan dan menirukan kembali ungkapan-ungkapan yang diucapkan guru.
-       Tanya jawab menggunakan ungkapan mengakui dan mengingkari fakta.
-       Melakukan percakapan berdasarkan situasi yang disediakan.
-       Menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari dalam situasi yang sebenarnya.

§  Kegiatan Penutup
-       Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami ungkapan-ungkapan yang telah diajarkan.
-       Mengecek kembali pemahaman siswa.
-       Menyimpulkan materi.
-       Menugaskan siswa untuk membuat percakapan pendek menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari.

PERTEMUAN III
§  Kegiatan Pendahuluan
-          Brainstorming / realia
-          Tanya jawab terkait materi tentang ungkapan meminta dan memberi pendapat.

§  Kegiatan Inti
-       Mempelajari kosakata / ungkapan-ungkapan terkait materi.
-       Tanya jawab menggunakan ungkapan meminta dan memberi pendapat.
-       Melakukan percakapan yang disediakan.
-       Menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari dalam situasi yang sebenarnya.

§  Kegiatan Penutup
-       Mengecek kembali pemahaman siswa dalam memahami ungkapan-ungkapan yang telah diajarkan.
-       Menyimpulkan materi.
-       Menugaskan siswa untuk membuat percakapan pendek menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari.

E.     SUMBER BELAJAR
1.      Contoh-contoh teks ungkapan terkait materi.
2.      Buku-buku teks yang relevan. ( Pakar Raya, Let’s Talk for Grade VIII)

F.     PENILAIAN
1.      Tehnik                         : Tes Lisan
2.      Bentuk            Instrumen        : Dialogue
3.      Instrument                   : Create a dialogue based on the situation given and perform it in
  front of the class.
The situation given:
1.      You’re walking on the pavement. You meet an old woman who wants to cross the street. You want to help her.
What would you say? And how would the old woman respond to it?

2.      Your friend wants to use your dictionary. You allow him/her to use it.
What would your friend say? And how would you reply?

3.      You have a homework and you think it is difficult. You ask your brother to help you. Unfortunately, he can’t help you because he is busy.
What would you say? And how would your brother respond to it?

4.      You see your friend repairing his bicycle. You want to help him, but he refuses your help because he can do it himself.
What would you say? And how would your friend respond to it?

5.      You want to borrow your friend’s hand phone. He/she does not allow you to use it.
What would you say? And how would he/she respond to it?
           
G.    PEDOMAN PENILAIAN
Nilai
Skor
4
3
2
1
80 – 100
60 – 79
50 – 59
kurang dari <50

H.    RUBRIK PENILAIAN

No.
Uraian
Skor
a.
Pronunciation (Kefasihan)
-    Tanpa kesalahan (sedikit sekali)
-    Salah, namun tidak membuat salah pengertian
-    Kesalahan-kesalahan yang membuat salah pengertian
-    Sukar sekali sehingga tidak dapat dimengerti


4
3
2
1
B
Fluency (Kelancaran)
-    Selancar bahasa sendiri
-    Sekali-kali berhenti untuk menyusun kalimat
-    Sering berhenti
-    Tidak lancar / selalu ragu-ragu

4
3
2
1
c.
Grammar (tata bahasa)
-    Tidak ada kesalahan
-    Kadang-kadang memakai kata yang kurang tepat
-    Sering menggunakan kata yang tidak tepat
-    Sering sekali menggunakan kata yang tidak tepat


4
3
2
1

                                                                       
                                                                                                        Keerom,…………….

       APPROVAD                                                                               ENGLISH TEACHER,

             HEADMASTER                                                                         


            SYAMSUDIN,S,Pd.                                                                     NURAINI,S,Pd
           NIP.196502211990021001

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH                                        : MTs.Al-Muhtadin
Mata Pelajaran                                    : Bahasa Inggris
Kelas / Semester                                  : VIII / I
Alokasi Waktu                                    : 3 x 35 Menit (3 x pertemuan)
Skill                                                     : Speaking
Tema                                                   : Frendship
Jenis Teks                                            : Percakapan Transaksional/Interpersonal

STANDAR KOMPETENSI : (SK-3)
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

KOMPETENSI DASAR : (KD-3.2)
Memahami dan merespon percakapan transaksional (to get thing done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana menggunakan ragam bahasa lisan yang akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima, dan menolak ajakan, menyetujui / tidak menyetujui, memuji dan memberi ucapan selamat.

INDIKATOR
a.       Bertanya dan menjawab tentang mengundang,menerima dan menolak undangan
b.      Bertanya dan menjawab tentang menyetujui/tidak menyetujui tentang sesuatu
c.       Bertanya dan menjawab memuji dan memberi selamat kepada seseorang

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
      Akhir dari pembelajaran ini siswa diharapkan mampu :
§  Bertanya dan menjawab tentang mengundang,menerima dan menolak undangan
§  Bertanya dan menjawab tentang menyetujui/tidak menyetujui sesuatu
§  Bertanya dan menjawab tentang memuji dan memberi selamat seseorang

B.     MATERI PEMBELAJARAN
a.       Percakapan transaksinal dan interpersonal sederhana:
Ungkapan mengundang,menerima dan menolak undangan
         1.   X: Would you come to my birthday party tonight?                                                           
               Y: With my pleasure
         2.   X: Would you see the Samson’s concert at PTC?
               Y: Sure. But when?
               X: Tomorrow night
               Y: Oh…I’m sorry, actually I’d like to but, I have to pick my sister up from the airport
               X: What a pity
         3.   X: How if we join the pramuka extracurricular activity?
               Y   :I’m sorry actually I’d like to but I have joined in the drum band extracurricular  activity.
               Ungkapan menyetujui/tidak menyetujui sesuatu
         4.   X: How if we go to SAGA Mall after school?
               Y : I agree with you
               Ungkapan memuji dan memberi ucapan selamat
         5.   X: You look nice wearing your new dress!
               Y: Really.Thank you
         6.   X: Happy birthday
               Y: Thank you                      

b.      Kosakata terkait dengan tema / jenis teks
- grades           - grade             - congratulation           - keep
- praise            - really!            - nice
c.       Ungkapan baku :         - Happy birthday                     - Happy new year
                                                - Hapy Lebaran day                - Happy mother’s day
                                                - Merry Christmas                   - Thank you
                                                - Hapy Valentine


C.    METODE PEMBELAJARAN : Three- Phase Technique
D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
a.       Kegiatan Pedahuluan
·      Tegur – sapa
·      Tanya jawab berbagai hal terikat kondisi siswa
·      Brainstorming

b.        Kegiatan Inti
·      Guru menjelaskan ungkapan mengundang, menerima, dan menolak ajakan
·      Guru memberikan model
·      Guru meminta siswa memodelkan percakapan secara berpasangan
c.         Kegiatan penutup
·      Menanyakan kepada siswa tentag materi yang sudah diajarkan sebagai penguatan
·      Refleksi siswa

      Pertemuan II
a.         Kegiatan Pedahuluan
·      Tegur – sapa
·      Tanya jawab berbagai hal terikat kondisi siswa
·      Brainstorming

b.        Kegiatan Inti
·      Guru menjelaskan ungkapan menyetujui/tidak menyetujui sesuatu
·      Guru memberikan model
·      Siswa melakukan role play secara berpasangan
·      Guru Melakukan pendampingan ke masing kelompok
c.         Kegiatan penutup
·      Menanyakan kepada siswa tentag materi yang sudah diajarkan sebagai penguatan
·      Refleksi siswa
Pertemuan III
d.        Kegiatan Pedahuluan
·      Tegur – sapa
·      Tanya jawab berbagai hal terikat kondisi siswa
·      Tanya jawab terkait materi tentang ungkapan memuji dan memberi selamat seseorang

e.         Kegiatan Inti
·      Guru menjelaskan ungkapan memuji dan memberi selamat seseorang
·      Guru memberikan model
·      Siswa melakukan role play secara berpasangan
f.         Kegiatan penutup
·      Menanyakan kepada siswa tentag materi yang sudah diajarkan sebagai penguatan
·      Refleksi siswa

E.     SUMBER BELAJAR
§   
§  Pictures in worksheet
§  Exercises
§  Script in the worksheet
§  Role cards

F.     PENILAIAN
a.       Teknik             : Unjuk Kerja
b.      Bentuk                        : Role Play
c.       Instrumen

Practice the dialog in pairs. Use the cues

     
G.    PEDOMAN PENILAIAN
§  Nilai 4 = 80 - 100
§  Nilai 3 = 60 -79
§  Nilai 2 = 50 -59
§  Nilai 1 = kurang dari 50         
§  Jumlah Nilai Maksimal = 100
§  Nilai siswa : 1 + 2 + 3 + 4 dibagi 4                

H.    RUBRIK PENILAIAN
No.
URAIAN
SKOR
1.
v Pronunciation
1.      Tanpa kesalahan/sedikit sekali
2.      Salah namun tidak membuat salah pengertian
3.      Kesalahan-kesalahan yang membuat salah pengertian
4.      Sukar sekali/tidak dapat dimengerti

v  Fluently/kelancaran
1.      Selancar bahasa sendiri
2.      Sekali-kali berhenti menyusun kalimat
3.      Sering berhenti
4.      Tidak bersambung/selalu ragu-ragu

v  Grammar
1.      Tidak ada kesalahan
2.      Kadang-kadang membuat kesalahan
3.      Sering membuat kesalahan
4.      Banyak sekali kesalahan

v  Vocabulary
1.      Tidak ada kesalahan
2.      Kadang-kadang memakai kata yang tidak tepat
3.      Sering memakai kata yang salah
4.      Sering sekali memakai kata yang tidak tepat

4
3
2
1


4
3
2
1


4
3
2
1


4
3
2
1

                                                                         
                                                                                             Keerom,…………….
                                                      
  APPROVAD                                                                         ENGLISH TEACHER,

            HEADMASTER                                                                         


            SYAMSUDIN,S,Pd.                                                                NURAINI,S,Pd
NIP.196502211990021001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH                                        :MTs.Al-Muhtadin
Mata Pelajaran                                    : Bahasa Inggris
Kelas / Semester                                  : VIII / I
Alokasi Waktu                                    : 4 x 40 Menit (2 x pertemuan)
Skill                                                     : Speaking
Tema                                                   : Teenage Life
Jenis Teks                                            : Teks lisan fungsinal pendek sederhana

STANDAR KOMPETENSI : (SK-4)
Mengungkapkan makna dalam  teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

KOMPETENSI DASAR : (KD-4.1)
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat

INDIKATOR
-          Mengungkapkan secara lisan teks fungsional pendek berbentuk undangan
-          Bertanya dan menjawab secara lisan berbagai informasi tentang teks fungsional pendek berbentuk undangan

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
      Akhir dari pemsssbelajaran ini siswa diharapkan :
-          Mengungkapkan secara lisan  teks fungsional pendek berbentuk undangan
-          Bertanya dan menjawab secara lisa berbagi informasi dalam teks undangan

B.     MATERI PEMBELAJARAN
a.       Teks lisan fungsional pendek berbentuk undangan
b.      Kosakata terkait tema/jenis teks
Misalnya : invite, birthday party
c.       Ungkapan baku : - invite you to come .......       - I’d love to
     
C. METODE PEMBELAJARAN : Three- Phase Technique

D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
      Pertemuan I
1.      Kegiatan Pendahuluan
      Tanya jawab mengenai berbagai hal terkait materi
2.      Kegiatan Inti
-          Memperkenalkan kosakata baru tentang mengundang
-          Membuat kalimat sederhana untuk mengundang
3.      Kegiatan Penutup
-          Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
-          Menyimpulkan materi pembelajaran
-          Menugaskan siswa untuk mendeskripsikan kartu undangan

      Pertemuan II
1.      Kegiatan Pendahuluan
-          Siswa merespon pertanyaan-pertanyaan yang diberikani
2.      Kegiatan Inti
-          Membahas gambit-gambit yang terkait materi
-          Membuat undangan secara lisan
3.      Kegiatan Penutup
-          Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
-          Mengecek kmbali pemahaman siswa tentang materiyang sudah diajarkan
-          Menyimpulkan materi

E.     SUMBER BELAJAR
-          Let’s talk, Grade VIII
-          English for SMP Grade VIII

F.     PENILAIAN
a.       Teknik             : Tes lisan
b.      Bentuk                        : Performance
c.       Instrumen

v  Invite your friend to come to your birthday party orally!

G.    PEDOMAN PENILAIAN
1.      Materi 4 = 80 - 100
2.      Materi 3 = 60 -79
3.      Materi 2 = 50 -59
4.      Materi 1 = kurang dari 50      
5.      Jumlah Nilai Maksimal = 100
6.      Nilai siswa : 1 + 2 + 3 + 4 dibagi 4                

-          RUBRIK PENILAIAN
No.
URAIAN
SKOR
1.
1.     Pronunciation
-          tanpa kesalahan/sedikit sekali
-          salah namun tidak membuat salah pengertian
-          kesalahan-kesalahan yang membuat salah pengertian
-          sukar sekali/tidak dapat dimengert
2.      Fluently/kelancaran
-          selancar bahasa sendiri
-          sekali-kali berhenti menyusun kalimat
-          sering berhenti
-          tidak bersambung/selalu ragu-ragu
3.      Grammar
-          tidak ada kesalahan
-          kadang-kadang membuat kesalahan
-          sering membuat kesalahan
-          banyak sekali kesalahan
4.      Vocabulary
-          tidak ada kesalahan
-          kadang-kadang memakai kata yang tidak tepat
-          sering memakai kata yang salah
-          sering sekali memakai kata yang tidak tepat

4
3
2
1

4
3
2
1

4
3
2
1

4
3
2
1
                                                                          

                                                                                                    Keerom,…………….

    APPROVAD                                                                              ENGLISH TEACHER,

            HEADMASTER                                                                         


            SYAMSUDIN,S,Pd.                                                                   NURAINI,S,Pd
           NIP.196502211990021001









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH                                        :MTs AL-Muhtadin
Mata Pelajaran                                    : Bahasa Inggris
Kelas / Semester                                  : VIII / I
Alokasi Waktu                                    : 4 x 35Menit (2 x pertemuan)
Skill                                                     : Speaking
Tema                                                   : Animal, Recreation
Jenis Teks                                            : Monolog

STANDAR KOMPETENSI : (SK-4)
Mengungkapkan makna dalam  teks lisan fungsional dan monolog pendek sederhana berbentu descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.

KOMPETENSI DASAR : (KD-4.2)
Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam bentuk teks descriptive dan recount

INDIKATOR
-          Bertanya dan menjawab berbagai informasi secara lisan dalam teks pendek berbentuk descriptive dan recount
-          Menentukan ciri kebahasaan teks descriptive dan recount
-          Melakukan monolog pendek berbentuk descriptive dan recount

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
      Akhir dari pembelajaran ini siswa diharapkan :
1.      Bertanya dan menjawab berbagai informasi secara lisan dalam teks pendek berbentuk descriptive dan recount
2.      Menentukan ciri kebahasaan teks descriptive dan recount
3.      Melakukan monolog pendek berbentuk descriptive dan recount

B.     MATERI PEMBELAJARAN
a.       Teks monolog pendek berbentuk descriptive (describing animal) dan recount (personal experience)
v  Describing animal in the picture
         Hi, I’ll describe my favorite animal. This is a penguin. It’s a kind of poultry. It lives in the South Pole. It has two colour black and white. It likes to eat fish very much. It has two legs. I like it very much. Thank you

v  Recount (Personal experience)
         Hi, yesterday my mother and I went to PTC. As soon as we entered PTC, we met Ariel Peter Pan there. He looked more handsome than his picture. And of course I asked for his autograph. And he signed my book quickly and he went to the clothes shop.

b.      Tata bahasa dan kosakata terkait tema.
-       Descriptive : Simple Present Tense
-       Recount : Past Tense and Past Continous Tense
-       Kosakata : kinds of animals, Verbs, adjectives

C.    METODE PEMBELAJARAN :  Three- Phase Technique

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
      Pertemuan I
1.      Kegiatan Pendahuluan
-       Tanya jawab mengenai hewan–hewan yang diketahui siswa
-       Siswa menentukan hewan-hewan yang mereka sukai
2.      Kegiatan Inti
-       Mengembangkan kosakata dan tata bahasa teks descriptive
-       Menggunakan kosakata dan tata bahasa dalam kalimat
-       Menirukan kata-kata yang diucapkan guru
-       Mendengarkan contoh monolog pendek descriptive
-       Melakukan monolog pendek bentuk descriptive
3.      Kegiatan Penutup
-       Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
-       Menyimpulkan materi pembelajaran tentang monolog pendek bentuk descriptive
-       Menugaskan siswa untuk mendeskripsikan gambar yang diberikan
     
      Pertemuan II
1.      Kegiatan Pendahuluan
-       Tanya jawab mengenai pengalaman pribadi masing-masing
1.      Kegiatan Inti
-       Mengembangkan kosakata dan tata bahasa teks recount
-       Menggunakan kosakata dan tata bahasa dalam kalimat
-       Menirukan kata-kata yang diucapkan oleh guru
-       Mendengarkan contoh monolog pendek recount
-       Melakukan monolog pendek recount
2.      Kegiatan Penutup
§  Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
§  Menyimpulkan materi
§  Menugaskan siswa untuk menggunakan materi yang sudah dajarkan dalam kehidupan nyata

E.     SUMBER BELAJAR
-          Let’s talk, Grade VIII,hal. 8-9
-          Script monolog pendek
-          CD

F.     PENILAIAN
a.       Teknik             : Tes lisan
b.      Bentuk                        : Performance
c.       Instrumen

1.      Describe your favorite animals
2.      Tell your activity last Sunday
3.      Describe your favorite animals in front of the class
4.      Tell your activity last Sunday in front of the class

G.    PEDOMAN PENILAIAN
1.      Materi 4 = 80 - 100
2.      Materi 3 = 60 -79
3.      Materi 2 = 50 -59
4.      Materi 1 = kurang dari 50      
5.      Jumlah Nilai Maksimal = 100
6.      Nilai siswa I/II : 1 + 2 + 3 + 4 dibagi 4
7.      Nilai siswa : Nilai I + Nilai II
                                            2 

H.    RUBRIK PENILAIAN

No.
URAIAN
SKOR
1.
a.     Pronunciation
-          Tanpa kesalahan/sedikit sekali
-          Salah namun tidak membuat salah pengertian
-          Kesalahan-kesalahan yang membuat salah pengertian
-          Sukar sekali/tidak dapat dimengert

b.      Fluently/kelancaran
-          Selancar bahasa sendiri
-          Sekali-kali berhenti menyusun kalimat
-          Sering berhenti
-          Tidak bersambung/selalu ragu-ragu
c.       Grammar
-          Tidak ada kesalahan
-          Kadang-kadang membuat kesalahan
-          Sering membuat kesalahan
-          Banyak sekali kesalahan

d.      Vocabulary
-          Tidak ada kesalahan
-          Kadang-kadang memakai kata yang tidak tepat
-          Sering memakai kata yang salah
-          sering sekali memakai kata yang tidak tepat

4
3
2
1


4
3
2
1

4
3
2
1



4
3
2
1
                                                                         

                                                                         











                                                        Keerom,…………….

  APPROVAD                                                                         ENGLISH TEACHER,

            HEADMASTER                                                                         


            SYAMSUDIN,S,Pd.                                                                            NURAINI,S,Pd
           NIP.196502211990021001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH                                        : MTs.AL-MUHTADIN
Mata Pelajaran                                    : Bahasa Inggris
Kelas / Semester                                  : VIII / I
Alokasi Waktu                                    : 4 x 40 Menit (2 x pertemuan)
Skill                                                     : Reading
Tema                                                   : Teenage Life
Jenis Teks                                            : Teks fungsional pendek sederhana

Stándar Kompetensi : (SK-5)
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : (KD-5.1)
Membaca nyaring teks tulis fungsional dan esai berbentuk descriptive dan recount sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar. 

Indikator
-          Membaca dengan nyaring dan bermakna teks fungsional pendek berbentuk undangan
-          Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks berbentuk undangan
-          Mengidentifikasi berbagai informasi yang terdapat dalam undangan
-          Menceritakan kembali isi teks fungsional pendek sederhana berupa Undangan

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
      Akhir dari pembelajaran ini siswa diharapkan :
  1. Melafalkan kosakata dengan baik dan benar
2.      Membaca nyaring dengan intonasi yang tepat
3.      Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks berbentuk undangan
4.      Mengidentifikasi berbagai informasi yang terdapat dalam undangan
5.      Menceritakan kembali isi teks fungsional pendek dan sederhana berupa undangan

B.     MATERI PEMBELAJARAN
    
You’re Invited
Occasion         : Kim’s birthday
Date                : July 7, 2007
Time                : 6.30 p.m.
Place                : 44 Devoe road
Directio         : Take the number 5 bus to the corner of Devoe and King street. We’re the second house on the right. Please arrive on time. This is a surprise party
Regret only     : Marie Salinger 238. 1722

Taken from English book 8 Depdiknas   page 63
  
C.    METODE PEMBELAJARAN : Three- Phase Technique

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
      Pertemuan I
1.      Kegiatan Pendahuluan
-          Menunjukkan jenis-jenis kartu undangan kepada siswa yang berkaitan dengan tema
-          Menyebutkan jenis-jenis pesta yang ada dalam kartu undangan
-          Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan tema
2.      Kegiatan Inti
-          Menirukan/mengulangi kalimat/kata yang dimodelkan oleh guru
-          Membaca nyaring teks undangan dengan ucapan dan intonasi yang benar
-          Menjawab pertanyaan secara orally tentang isi undangan
3.      Kegiatan Penutup
-       Menceritakan kembali isi undangan
-       Meminta siswa membawa kartu/teks undangan pada pertemuan yang akan data

Pertemuan II
1.      Kegiatan Pendahuluan
-       Tanya jawab secara orally tentang kartu/teks undangan yang dibawa oleh siswa
2.      Kegiatan Inti
-       Menirukan/mengulangi kosakata yang sulit yang terdapat dalam teks undangan
-       Membaca nyaring dengan ucapan dan  intonasi yang tepat
-       Menirukan kata-kata yang diucapkan oleh guru
-       Menjawab pertanyaan secara orally tentang isi teks undangan
3.      Kegiatan Penutup
-       Menceritakan kembali isi teks undangan yang mereka bawa
-       Menyimpulkan materi
-       Menugaskan siswa untuk menggunakan materi yang sudah dajarkan dalam kehidupan nyata

E.     SUMBER BELAJAR
1.      Let’s talk, Grade VIII,hal. 42-43
2.      Buku Bahasa Inggris VIII, Depdiknas 2004, page 63-64
3.      New concept English 2, Armico, page 129

F.     PENILAIAN
a.       Teknik             : Tes lisan
b.      Bentuk                        : Membaca nyaring, menceritakan kembali
c.       Instrumen
         
v  Read the text aloud and clearly
I.       Read this invitation                
THE 1 WORLD YOUTH CONFERENCE
Organizing Committee

We would like you to come to a dinner party in Aceh Room on Monday 23 from 07.00 p.m. to 09.00 p.m

Admits : Two (2) persons                   RSUP Phone : 232007
2.      Re-tell the invitation in front of the class
             
G.    PEDOMAN PENILAIAN
1.      Nilai 5 = 90 - 100
2.      Nilai 4 = 80 -89
3.      Nilai 3 = 70 -79
4.      Nilai 2 =  60-69
5.      Nilai 1 = kurang dari 59         
6.      Jumlah Nilai Maksimal = 100
7.      Nilai siswa I/II : 1 + 2 + 3 + 4 dibagi 4
8.      Nilai siswa : Nilai I + Nilai II
                                            2 

H.    RUBRIK PENILAIAN
Instrumen
Uraian
Skor
I. Read the intonation clearly and aloud
II. Re-tell the invitation
a. fluently
b. accuracy
c. pronunciation
d. performance
1-5
1-5
1-5
1-5
Jumlah
20
                                                                        
                                                        Keerom,…………….

  APPROVAD                                                                         ENGLISH TEACHER,

            HEADMASTER                                                                         


            SYAMSUDIN,S,Pd.                                                                             NURAINI,S,Pd
           NIP.196502211990021001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH                                         : MTs.AL-MUHTADIN
Mata Pelajaran                                    : Bahasa Inggris
Kelas / Semester                                  : VIII / I
Alokasi Waktu                                    : 4 x 35 Menit (2 x pertemuan)
Skill                                                     : Reading
Tema                                                   : Friendship
Jenis Teks                                            : Teks fungsional


Stándar Kompetensi : (SK-5)
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : (KD-5.2)
Merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.

Indikator
Mengidentifikasikan :
§  Informasi  dalam teks undangan
§  Fungsi Sosial teks undangan
§  Ciri kebahasaan teks undangan

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
      Akhir dari pembelajaran ini siswa diharapkan :
-          Respond the meaning of the content of the invitation text.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
§  Teks fungsional pendek berupa : Undangan
 
 
Dear Rio,
       I want you to come to my house for lunch on Sunday at 12 a.m.
Thanks
            Monalisa

§  Vocabularies : lunch, come, party, house, want
§  Gambits: Would you come to…., I will be glad  if you…,  Please come to ….

C.    METODE PEMBELAJARAN : Three- Phase Technique

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
1.      Kegiatan Pendahuluan
-          Greeting, asking students’ condition, and check the students’ attendance.
-          Ask and answer about invitation.
2.      Kegiatan Inti
-          Read an invitation text
-          Find out the difficult words then translate them into Indonesian.
-          Ask the questions
3.      Kegiatan Penutup
-          Ask the students the difficulties during the teaching and learning activities
-          Summarizes the material
-          Reinforcement.

Pertemuan II
1.      Kegiatan Pendahuluan
-          Greeting, asking students’ condition, check the students’ attendance.
-          Remind students about the last materials that they have learned.

F.      Kegiatan Inti
-          Read other invitation.
-          Find out the difficult words then translate them into Indonesian.
-          Ask the questions
G.    Kegiatan Penutup
-          Ask the students difficulty during the teaching and learning activities
-          Summarizes the material
-          Reinforcement.

E.     SUMBER BELAJAR
Buku – buku yang relevan :
-          Lets Talk grade VIII, Dra. Helena I. R. Agustien, M.A., Ph.D, Bachtiar Bima M,
Cicik Kurniawati.
-          ENGLISH ON SKY BOOK 2, Mukarto, Sujatmiko B.S, Josephine S.M, Widya Kuswara, Erlangga, 2005, page 2-9.
-          AMANDA, Setya Nurachmandani, M.Pd, Tim penyusun Amanda, Amanda Solo, 2007
-          Pictures in the worksheet
-          Exercises
-          Script in the worksheet

F.     PENILAIAN
a.       Teknik             : Tes Lisan
b.      Bentuk                        : Membaca nyaring
c.       Instrument

I.                   Read the text carefully the answer the questions !
    Dear Maria,
        I will be glad if you could attend to my birthday party tomorrow night at my house. The   party will begin at 19.00 p.m.
Thanks.
Your sincerely,

Sandra Rachman
Notes :
Please be on time !
Costume : Black and white                                      

The questions :
  1. Identify the text above!
  2. What is the function of that text?
  3. What tense is used for the text?

Answer Key :
1.      - Invite                                    : Maria
- Occasion                   : Sandra’s birthday party
- Time                          : 19.00 p.m.
- Place                         : Sandra’s house
- Inviter                       : Sandra Rachman
2.      The function of the text is to invite Maria to attend to Sandra’s birthday party.
3.      Tense that used is The present future Tense.
     
G.    PEDOMAN PENILAIAN
1.      Untuk soal no.1 tiap jawaban benar skornya  12
2.      Untuk soal no.2 dan 3 tiap jawaban benar skornya 20
3.      Jumlah skor maksimal =          no.1                 12 x 5 = 60.
no.2 & 3          20 x 2 = 40
4.      Jumlah nilai maksimal no.1 + 2 + 3 = 60 + 40 =  100
5.      Nilai siswa = Nilai perolehan = Nilai maksimal x 100



H.    RUBRIK PENILAIAN

No.
Uraian
Skor
1
-          Jawaban benar
-          Jawaban salah
-          Tidak menjawab
12
1
0
2

-          Jawaban benar
-          Jawaban salah
-          Tidak menjawab
20
1
0
3
-          Jawaban benar
-          Jawaban salah
-          Tidak menjawab




                                                        Keerom,…………….

  APPROVAD                                                                         ENGLISH TEACHER,

            HEADMASTER                                                                         


            SYAMSUDIN,S,Pd                                                                             NURAINI,S,Pd
           NIP.196502211990021001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH                                         MTs.AL-MUHTADIN
Mata Pelajaran                                    : Bahasa Inggris
Kelas / Semester                                  : VIII / I
Alokasi Waktu                                    : 4 x 35 Menit (2 x pertemuan)
Skill                                                     : Reading
Tema                                                   :
Jenis Teks                                            : Teks Descriptive dan Recount


Stándar Kompetensi : (SK-5)
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar : (KD-5.3)
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara  akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar dalam teks yang berbentuk descriptive dan recount

Indikator
-          Makna gagasan
-          Makna tekstual dalam teks descriptive atau recount
-          Langkah retorika teks descriptive atau recount
-          Tujuan komunikatif teks descriptive atau recount
-          Ciri kebahasaan teks descriptive atau recount

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a.                Menentukan gagasan umum teks descriptive atau recount
b.               Menemukan informasi rinci dalam teks descriptive atau recount
c.                Menemukan makna kata tertentu dalam teks descriptive atau recount
d.               Menemukan ciri kebahasaan teks descriptive atau recount

B.     MATERI PEMBELAJARAN
a)      Teks monolog pendek berbentuk descriptive (describing animal) dan recount (personal experience).
v  Describing animal based on the picture.
Hi, do you know this animal? (showing the picture). Right! This is a giraffe. You can see this animal at the zoo.
One of the most interesting animals in the zoo is the giraffe. This is the giraffe we saw at the zoo It is male and it is about six meters tall.
The giraffe has big brown eyes. They are protected by very thick lashes. This giraffe has brown spots on the skin. This coloring helps protect the giraffe. It also has two short horns on its head.
Like a camel, it can go for a long time without drinking water. One source of water is the leaves which it eats from trees. It is tall, so the giraffe can reach the tender leaves at the top of the tree.
The giraffe has two methods of self protection. If something frightens an adult giraffe, it can gallop away at about fifty kilometers per hour or stay to fight with its strong legs.

v  Recount (Personal experience)
         Last school holiday, my family and I went to the zoo. We went there early in the morning by our car. At the zoo, we went around the area. We saw monkeys swinging on the branches of trees. There were also lions, tigers, giraffe and other animals. There was an elephant show and we enjoyed watching it. At 5 p.m we went home. We were tired but we were happy.

b)      Tata bahasa dan kosakata terkait tema.
c)      Grammar : Simple Present and Simple Past Tense

C.    METODE PEMBELAJARAN : Three- Phase Technique

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
1.      Kegiatan Pendahuluan
-          Menjawab berbagai pertanyaan tentang gambar binatang tertentu
-          Menentukan makna kata dan menggunakannya dalam kalimat (terkait binatang tertentu)
2.      Kegiatan Inti
-          Membaca teks descriptive
-          Menjawab pertanyaan tentang isi teks descriptive: (gagasan utama, informasi rinci, makna kata, dan tujuan komunikatif)
-          Menentukan makna kata, dan bentuk kata kerja yang digunakan dalam teks descriptive
-          Membaca teks descriptive lainnya.
3.      Kegiatan Penutup
-          Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami teks descriptive
-          Menyimpulkan materi
-          Menugaskan siswa mencari teks descriptive dari majalah atau buku cerita

Pertemuan II
1.      Kegiatan Pendahuluan
-          Tanya jawab mengenai pengalaman pribadi masing-masing
-          Mendengarkan satu contoh jenis teks recount sederhana.

2.      Kegiatan Inti
-          Membaca teks recount
-          Menjawab pertanyaan tentang isi teks recount: (gagasan utama, informasi rinci, makna kata, dan tujuan komunikatif)
-          Menentukan makna kata, dan bentuk kata kerja yang digunakan dalam teks recount
-          Membaca teks recount lainnya.

3.      Kegiatan Penutup
-          Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
-          Menyimpulkan materi
-          Menugaskan siswa untuk menggunakan materi yang sudah diajarkan dalam kehidupan nyata.

E.     SUMBER BELAJAR
-          Contoh teks descriptive dan recount
-          Majalah / buku cerita
-          Perpustakaan
-          Buku teks :Let’s talk kls VIII

F.     PENILAIAN
a.       Teknik             : Tes lisan , tes tulis
b.      Bentuk                        : Menjawab pertanyaan, Membaca nyaring
c.       Instrumen        :

I.       Answer the questions based on the text!
1.      What’s the text about?
2.      What should the giraffe do for eating?
3.      How are the giraffe‘s eyes?
4.      Why does the giraffe take leaves at the top of tree?
5.      What does the word “giraffe“ mean?
6.      What is the purpose of the text above?
7.      Mention three nouns in the text!
(Source: Let’s Talk :15)
II.                Read aloud the text given!

G.    PEDOMAN PENILAIAN
1.      Untuk soal I, tiap nomor benar diberi skor 5
2.      Skor maksimal = 8 x 5 = 40
3.      Nilai maksimal = 10
4.      Nilai siswa  =  Skor perolehan   x 10
                                Skor maksimal


H.    RUBRIK PENILAIAN
Instrumen
Uraian
Skor
Read aloud Descriptive or recount teks.

a. fluently
b. accuracy
c. pronunciation
d. performance
1-5
1-5
1-5
1-5

Jumlah
20

                                               
                                               

                                                        Keerom,…………….

  APPROVAD                                                                         ENGLISH TEACHER,

            HEADMASTER                                                                         


            SYAMSUDIN, S,Pd.                                                                             NURAINI, S,Pd
           NIP.196502211990021001


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SEKOLAH                                         :MTs.AL-MUHTADIN
Mata Pelajaran                                    : Bahasa Inggris
Kelas / Semester                                  : VIII / I
Alokasi Waktu                                    : 4 x 35 Menit (2 x pertemuan)
Skill                                                     : Menulis (Writing)
Tema                                                   : An
Jenis Teks                                            : Teks Fungsional


Stándar Kompetensi : (SK-6)
Mengungkapkan  makna dalam teks tulis fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Kompetensi Dasar : (KD-6.1)
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks tulis fungsional sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.

Indikator
·         Melengkapi rumpang teks fungsional pendek
·         Menyusun kata menjadi teks fungsional yang bermakna
·         Menulis teks fungsional pendek.

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
·        Melengkapi rumpang teks fungsional pendek
·        Menyusun kata menjadi teks fungsional yang bermakna
·        Menulis teks fungsional pendek.

B.     MATERI PEMBELAJARAN
a.       Contoh-contoh teks fungsional pendek berupa:
v  Undangan
You are invited to a birthday party
With
Rini Hapsari Putri
Sunday, July 17th
07.00 p.m
The Hapsari Home
Jl Pandawa 15
RSVP
0222362276
v  Pengumuman
School announcement
Saturday morning basketball matches will begin on Saturday, January 1.
The events will run from 09.00 – 11.00 for the next four weeks.
The final tournament will be held on February 8.
For more information, Contact Ari (021) 7891023

v  Pesan singkat
To Vera
Hi, Vera. I want to tell you something. I have an idea.
What do you think about taking a computer course this semester?
Would you like to? I’ll be very happy if we can take this course together.
Please, let me know your answer, I’ll look forward to it.
                                                                                                         Rika


b.      Kosakata yang  terkait  dengan tema / jenis teks:
invite, RSVP, held, begin, events, tell, announcement, information, contact, to, etc
c.       Nouns: An announcement, information..
d.      Verbs: invite, held, begin, contact
e.       Ungkapan baku: birthday party, dinner party
f.       Future: will, must have to

C.    METODE PEMBELAJARAN : Three- Phase Technique

D.    LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.      Kegiatan Pendahuluan
a.Tanya jawab berbagai hal terkait keadaan siswa dikelas
b.Siswa menjawab hal-hal yang berhubungan dengan undangan, pengumuman dan pesan     
    pendek.
       2.   Kegiatan Inti
Pertemuan I
a.Siswa membandingkan contoh–contoh undangan yang dibawa serta memilih undangan
   yang umum dipakai  (sebelumnya siswa  diberi tugas membawa contoh undangan yang
   pernah diterima)
b.Siswa mencari kata-kata yang sering dipakai dalam membuat undangan.
c.Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks.
d.Siswa membuat sebuah undangan ulang tahun yang diberikan pada teman sekelasnya.

Pertemuan  ke II
a.Siswa mendengarkan sebuah pengumuman / pesan singkat  dari guru
b.Menentukan makna pengumuman / pesan pendek yang di dengar.
c.Menulis pengumuman /pesan pendek tersebut.
d.Membahas kata sulit yang di gunakan di dalam teks tersebut.
e.Siswa membuat sebuah pengumuman / pesan pendek yang berkaitan dengan kegiatan
   sekolah.
f.Siswa diberi contoh teks yang lain.
g.Siswa melengkapi kalimat-kalimat dalam teks tersebut.
h.Siswa menyusun kata menjadi kalimat
i.Siswa menyusun kalimat menjadi paragraph.

  Kegiatan Penutup
a.Menanyakan kesulitan yang dialami siswa selama PBM
b.Menyimpulkan materi pembelajaran
c.Pemberian tugas tentang  membuat undangan yang ditulis dan dihias dengan indah.
d.Mencari sebuah pengumuman di Koran / majalah.

E.     SUMBER BELAJAR
a.       Buku-buku pelajaran Bahasa Inggris kelas VIII
a.Let’s talk  kelas VIII
b.Tiga Serangkai. ( Effective English class VIII)
b.      Alat peraga ( contoh kartu undangan, pengumuman dan pesan singkat)

F.     PENILAIAN
a.       Tehnik             : Tes tulis
b.      Bentuk            : Essay
c.       Instrument      

I.       Write the text and complete them with the words in the box..
Will be           information           must              will               they
Monday, April 21, is the Kartini’s Day.  To celebrate it, each class (…) present a couple of a boy and a girl. (…) have to perform and wear  the traditional costumes.
Also, there (…) a cooking competition. Each class presents two groups, i e, one group of boys and one group of girls. Each group consists of 3-4 students.  The categories for judging will be the best performance and creativity. Winners (…) receive prizes at 02.00 p.m. in the school hall on the same day. For more (…) please confirm with your class teacher.
         * Rearrange into good sentence.
      1.you - are - free - ? - this - afternoon
2.would - come - you - me - with - ? - to the mall
3.we - do - some window shopping  -  could.
4.is - how - ? - that sound

III.             You will have a birthday party. Try to write an invitation for your classmates!
Create your own time and place!

G.    PEDOMAN PENILAIAN
-          Untuk soal no 1 – 5 tiap jawaban benar skor 1
-          Untuk soal no II, no 1- 5 tiap jawaban benar skor 2.
-          Untuk soal III. Jawaban benar

H.    RUBRIK PENILAIAN

NO
Uraian
Skor
I


II


III
Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaban yang salah / tdk  di jawab

Setiap jawaban yang  benar
Setiap jawaban  yang salah / tidak dijawab

Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
1
0

2
0

3
2
1
0



No comments:

Post a Comment