RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH :
MTs. AL-MUHTADIN
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Alokasi Waktu :
6 x 35 Menit (3 x pertemuan)
Skill :
Listening
Tema :
My favorite Animals and Plants
Jenis Teks :
Transaksional/Interpersonal
STÁNDAR KOMPETENSI : (SK-1)
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
KOMPETENSI DASAR : (KD-1.1)
Merespon makna dalam percakapan trasaksional (to get thing done) dan
interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan sangat
sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutor : meminta, memberi, menolak
jasa, meminta,memberi,menolak barang, mengakui, mengingkari fakta dan meminta
dan memberi pendapat.
INDIKATOR
A. Tujuan
Pembelajaran
Akhir
dari pembelajaran ini siswa diharapkan :
1. Merespon ungkapan meminta,
memberi atau menolak jasa
2. Merespon ungkapan meminta
atau menolak barang
3. Merespon ungkapan meminta,
memberi, mengingkari informasi
4. Merespon ungkapan
meminta, memberi pendapat.
B.
MATERI PEMBELAJARAN
a. Percakapan-percakapan
singkat yang memuat ungkapan-ungkapan sebagai berikut :
1.
A : Would you like to drink a glass of
ice?
B : Of course/certainly
2. A :
Could you help me?
B : Yes. I could/ No. I
couldn’t
3. A :
What do you think of this?
B :
Not Bad.
b. Kosakata terkait tema/jenis teks.
Misalnya
: accompany, invite, to look around,
offer
c. Ungkapan Baku.
- Would you like - Of course/certainly
- Could you -
Yes/No.
C.
METODE PEMBELAJARAN : Three-
Phase Technique
D.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
- Kegiatan Pendahuluan
a. Merespon berbagai hal
terkait dengan materi
b. brain storming
c. Realia
2.
Kegiatan Inti
Pertemuan I
§ Mengelompokkan
kosakata terkait topic yang akan dibahas (Verb,adverb,adj)
§ Mendengarkan percakapan tentang materi terkait
§ Merespon
ungkapan-ungkapan yang terkait materi
§ Menjawab berbagai
informasi yang terdapat dalam percakapan
Pertemuan
II
§
Menentukan makna dalam
kalimat
§ Menjawab informasi
yang terdapat dalam percakapan
§ Merespon
ungkapan-ungkapan yang terkait materi
Pertemuan
III
§ Menentukan makna kata
dan menggunakan dalam kalimat
§ Merespon
ungkapan-ungkapan yang terkait materi
§ Menjawab informasi
yang terdapat dalam percakapan
- Kegiatan Penutup
§ Menanyakan kesulitan
siswa selama PBM
§
Menyimpulkan materi
pembelajaran
§ Memberi kesempatan
siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang
sebenarnya
E.
SUMBER BELAJAR
a. Let’s talk, Intan
Pariwara hal. 75, 76-126
b. Script percakapan dan
rekaman percakapan
F. PENILAIAN
a.
Teknik :
Tes lisan dan tes tulis
b.
Bentuk :
Merespon ungkapan dan melengkapi percakapan
c.
Instrumen
I.
Listen to the expression and give
your response.
1.
Hello Ani. How are you? Would you
mind to take care of my cat ? ………
2.
A : Would you give the foods of my
dog , please?
B : ……………………………………..
3.
A : Could you help me to water the
plants in the gadenr?
B : ……………………………………..
II.
Listen to the dialogue and complete
the text
1.
A : ……… to accompany me buy the
jasmine flowers ?
B : Yes…………………………………
2.
A : How do you think about this rose?
B : ……………………………………..
3.
A : Could you lend me some money?
B : ………… I don’t have any money
III.
1. Bob : Would you bring these flower please?
Gary:
Yes. I would / No. I wouldn’t
G. PEDOMAN
PENILAIAN
1. Untuk nomor 1, tiap
jawaban benar skor 3.
2. Untuk nomor 2, tiap
jawaban benar skor 3
3. Jumlah skor maksimal
: 3 x 3 = 9
3
x 3 = 9
18
4.
Nilai maksimal = 10
5. Nilai siswa = Skor perolehan x 10
Skor
maksim
H. RUBRIK PENILAIAN
Instrumen.
|
URAIAN
|
SKOR
|
Isian/jawaban
langsung
|
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang benar
Tidak menjawab
|
5
3
2
0
|
Keerom,…………….
APPROVAD
ENGLISH TEACHER,
HEADMASTER
SYAMSUDINS,Pd. NURAINI,S,Pd
NIP.196502211990021001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH :
MTs.Al-MUHTADIN
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VIII / I
Alokasi Waktu :
5 x 35 Menit
Skill :
Listening
Tema :
My Favorite Animals and Plants
Jenis Teks :
Transaksional/Interpersonal
STÁNDAR KOMPETENSI : (SK-1)
Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sederhana
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
KOMPETENSI DASAR : (KD-1.2)
Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get thing done) dan
interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan Sangay
sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutor : mengundang,menerima dan menolak
ajakan, menyetujui/tidak menyetujui,memuji dan memberi selamat.
INDIKATOR
Merespon ungkapan-ungkapan :
§ Mengundang, menerima
dan menolak ajakan
§ Menyetujui/tidak
menyetujui
§ Memberi selamat
A. Tujuan
Pembelajaran
Akhir
dari pembelajaran ini siswa diharapkan :
a. Merespon ungkapan mengundang,
menerima atau menolak ajakan
b. Merespon ungkapan menyetujui/tdk
menyetujui
c. Merespon ungkapan memuji
d. Merespon ungkapan memberi
selamat
B. Materi
Pembelajaran
a. Percakapan-percakapan
singkat yang memuat ungkapan-ungkapan sebagai berikut :
1.
A :
Would you like to go to camping with us next holiday?
B :
That would be fun
2.
A :
Do you agree if we go out tonight?
B :
Yes. I agree
C :
I don’t agree with you. I must go to Abepura
3.
A :
What a beautiful bag?
B :
Thank you
4.
A :
Happy birthday!
B :
Thanks
b. Kosakata terkait
tema/jenis teks.
Misalnya
: a compliment, a meeting, grades, an
outfit, etc
c.
Verbs : to attend, to accompany, to invite, etc
d.
Ungkapan Baku : - Would you like - Thanks - Do you agree - Thank you
C. METODE PEMBELAJARAN : Three- Phase
Technique
D. LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN PEMBELAJARAN
1.
Kegiatan Pendahuluan
§
Brain storming; tanya jawab berbagai hal terkait
dengan ungkapan mengundang, menerima dan menolak ajakan
§ Realia
2. Kegiatan Inti
Pertemuan
I
§ Elciting kosakata
terkait topik yang akan dibahas (noun,verb,adj,adverb)
§ Menentukan makna kata
dan menggunakan dalam kalimat
§ Mendengarkan guru dan
menirukan ungkapan-ungkapan mengundang
§ Menjawab berbagai
informasi yang terdapat dalam percakapan
§ Merespon
ungkapan-ungkapan mengundang, menerima/menolak ajakan, dan
§ Menyetujui / tidak
menyetujui
3. Kegiatan Penutup
§ Menanyakan kesulitan
siswa selama PBM
§ Menyimpulkan materi
pembelajaran
§ Memberi kesempatan
siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang
sebenarnya
Pertemuan
II
1.
Kegiatan Pendahuluan
·
Brain storming
·
Tanya jawab berbagai hal terkait dengan ungkapan
memuji dan memberi selamat
·
Realia
2. Kegiatan Inti
·
Elciting kosakata terkait topik yang akan dibahas
(noun,verb,adj,adverb)
·
Menentukan makna kata dan menggunakan dalam
kalimat
·
Mendengarkan guru dan menirukan ungkapan-ungkapan
mengundang
·
Menjawab berbagai informasi yang terdapat dalam
percakapan
·
Merespon ungkapan-ungkapan mengundang, memuji dan
memberi selamat
3. Kegiatan Penutup
·
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
·
Menyimpulkan materi pembelajaran
·
Memberi kesempatan siswa untuk menggunakan
ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sebenarnya
E. SUMBER BELAJAR
1. Let’s talk, Intan
Pariwara hal. 23, 51, 126
2. Script percakapan dan
rekaman percakapan
F.
PENILAIAN
1. Teknik : Tes tulis
2. Bentuk : Isian singkat, Pilihan Ganda
3.
Instrumen
I.
Listen and choose the best answer
1.
A :
“This Saturday night I am holding my birthday party. Why don’t you all come?
B : We’d love to. Thanks
The underlined utterance is used ……..
a. to invite people c. to have an offer
b. to thank people d. to have a leave taking
2.
A :
It’s a lovely day, isn’t it?
B : “Yes, it is”
A : Will you accompany me to
for swimming?
B : “……………………………….”
3.
Sari : I’m going to wear this dress at Ratu’s birthday party
What do you think, Vivi?
Vivi : That’s fine
The underlined expression shows………...
a. an announcement c.
an invitation
b. a greeting d.
a surprise
4.
Nia : “You
are going to be our headmaster, aren’t you Mr. Adi?
Mr. Adi :
“That’s true”
Nia : __________ on your promotion
Mr.
Adi : “Thank you, Nia”
a. Be successful c.congratulation
b. Wish me luck d. Good bye
5.
A :
You have a beautiful hair!
B :
……………………………………
a. No way b . Oh, No c.
Thank you d. I’m sorry
II. Listen to the expression and give your response orally.
1.
Hello Ria. How are you? Would you like
to go camping with us next holiday?
2.
A :
Let’s go to the Jazz festival tonight!
B : ……………….. Jazz is not my
music
3.
A :
Everything is now expensive
B : I ……… with you
4.
A :
Today is your birthday
B : ………………………………….
A : Thanks
5.
A :
Look Dad. I got 10
B : ………………… I’m really proud of
you
G.
PEDOMAN PENILAIAN
1. Untuk nomor I, tiap
jawaban benar skor 2.
2. Untuk nomor II, tiap
jawaban benar skor 3
3. Jumlah skor maksimal
: 5 x 2 = 10
5
x 3 = 15
15
4. Nilai maksimal = 10
5. Nilai siswa = Skor perolehan x 10
Skor maksimal
H. RUBRIK
PENILAIAN
Instrumen.
|
URAIAN
|
SKOR
|
Isian/jawaban
langsung
|
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang benar
Atidak menjawab
|
3
2
1
0
|
Pilihan Ganda
|
Setiap jawaban
yang benar
Setiap jawaban
yang salah/tidak dijawab
|
2
0
|
Keerom,…………….
APPROVAD
ENGLISH TEACHER,
HEADMASTER
SYAMSUDIN, S,Pd.
NURAINI, S,Pd
NIP.196502211990021001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH :
MTs.Al-Muhtadin
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VIII / I
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit (1 x pertemuan)
Skill :
Listening (Mendengar)
Tema :
Invitation
Jenis Teks :
Teks fungsional / Monolog
STÁNDAR KOMPETENSI : (SK-2)
Memahami makna dalam teks lisan funsional pendek sederhana berbentuk
deskriptive dan recount untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI DASAR : (KD-2.1)
Merespon makna yang terdapat
dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
INDIKATOR
-
Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam
teks fungsional pendek berupa undangan
-
Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks
fungsional pendek berupa undangan
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
- Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam teks fungsional pendek berupa undangan
- Mengidentifikasi ciri kebahasaan dalam teks fungsional pendek berupa undangan
B. MATERI PEMBELAJARAN
a.
Teks fungsional pendek berupa
undangan
Contoh

I want you to come my house
for lunch on Sunday at 12.00 a.m.
Thanks,
Mona
b.
Ciri kebahasaan: teks fungsional
pendek
c.
Ungkapan baku: I want you to come…, please come to…, don’t
forget to come to….
C. METODE PEMBELAJARAN : Three- Phase Technique
D.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
1.Kegiatan Pendahuluan
-
Brainstorming. Tanya jawab berbagai hal yang
berkaitan dengan materi yang akan dibicarakan.
-
Membahas kosakata yang terkait dengan tema/topic
undangan (Noun phrase, Verb phrase)
2. Kegiatan Inti
-
Membahas ungkapan yang sering
muncul dalam undangan
-
Mendengarkan teks fungsional pendek berupa
undangan
-
Menjawab pertanyaan tentang informasi yang
terdapat dalam teks fungsional berbentuk undangan
-
Mengidentifikasikan ciri
kebahasaan teks fungsional pendek berbentuk undangan (invite, occasion, time,
place)
3. Kegiatan Penutup
-
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
-
Menyimpulkan materi pembelajaran
E. SUMBER BELAJAR
-
Buku teks yang relevan : Let’s talk. Dra Helena
I.R.A, M.A, Ph.D. Pakaraya 2005
-
Kamus
F. PENILAIAN
a. Teknik : Tes lisan dan tes tulis
b. Bentuk : Melengkapi
undangan
c.
Instrumen
I.
Complete the invitation by
listening to your teacher.
Dear Daniel,
I want you
to …. to my …..party. It will be …… at…..on
Sunday at ……..p.m.
Thanks,
Niko.
|
II.
Answer the questions based on
invitation you have complete
1
Who is the writer of the invitation?
2. Whom is the invitation for?
3.Where
will the party be held?
4.Is the party in the morning?
5.What kind of party will Niko be held?
G.
PEDOMAN PENILAIAN
a.Untuk nomor I, tiap jawaban benar skor 2
b.Untuk nomor II, tiap jawaban benar diberi skor 2
c.Jumlah skor maksimal 5 x 2 = 10
5
x 2 = 10
Jumlah 20
d.Nilai maksimal
= 10
e.Nilai
Siswa = Skor Perolehan x 10
Skormaksimal
H.
RUBRIK PENILAIAN
NO
|
Uraian
|
Skor
|
I
|
Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaban yang salah / tidak dijawab
|
2
0
|
II
|
Isi benar, tata
bahasa benar
Isi benar, tata
bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
|
2
1
0
|
Keerom,…………….
APPROVAD
ENGLISH TEACHER,
HEADMASTER
SYAMSUDIN,S,Pd. NURAINI S.Pd
NIP.196502211990021001
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
STUDENTS’
ORGANIZATION
Madrasah Tsanawiyah (MTs)
“Al- Muhtadin”
|
To : Franklin
We invite you to attend our meeting.
It will be held :
I.
On Saturday, August 30, 2007
J.
At 11 a.m.
K.
In the school hall
Agenda :
Final preparation for Wall Magazine Competition 2007.
Please come on time.
See you there.
Diana
Burhan
Secretary
Chairperson
|
Task : Listen to the questions and answer !
- Who is the invitation for?
- When will the meeting be held?
- Is the meeting in the afternoon?
- Is Franklin an VIII student ?
- Where will the meeting be held?
- What is the topic of the meeting?
- Who is the chairman?
Answer Key :
- Franklin
- On Saturday, August 30,2007 at 11 a.m
- No, it isn’t
- Yes, he is
- In the school hall
- Final preparation for wall magazine competition 2007.
- Burhan
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH :MTs.AL-MUHTADIN
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VIII / I
Alokasi Waktu :
2 x 35 Menit (1 x pertemuan)
Skill :
Listening (Mendengar)
Tema :
Descriptive text and Recound Text
Jenis Teks : Transaksional
STÁNDAR KOMPETENSI : (SK-2)
Memahami makna dalam teks lisan funsional pendek sederhana berbentuk
deskriptive dan recount untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
KOMPETENSI DASAR : (KD-2.2)
Merespon makna yang terdapat
dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan
recount..
INDIKATOR
§
Mengidentifikasi
informasi/makna yang terdapat dalam teks berbantuk descriptive dan recount
§
Mengidentifikasi
langkah retorika dalam teks descriptive dan recount.
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
1. Menceritakan secara
lisan kronologis pengalaman dalam teks monolog pendek berbentuk descriptive dan
recount.
2. Menentukan
bagian-bagian dari teks descriptive dan recount mengekspresikan suasana dan
pengalaman.
B.
MATERI PEMBELAJARAN
1.
Teks Lisan berbentuk descriptive (describing activities of someone) dan
recount (personal experiences)
§ Descriptive Text
Roni
is a young man. He lives in a big house. He is very rich and kind. He is also
tall and handsome. He likes sport, so he becomes healthy and strong. In the
morning, he usually goes jogging on the street before he goes to his office.
Everybody likes to do exercises there because the street is wide. It is also
clean. It is not so crowded as it is in the noon.
§ Recount Text
Hi, when I was a child, I had two friends. I
haven’t seen them again since I moved from Biak. They are twins. Their names
are Rina and Rini. They were born in Biak, Papua. Their father was a farmer and
their mother was a housewife. They were always happy. They were very kind to everybody.
They were never sad. Life was very nice.
2.
Tata bahasa dan kosakata
terkait tema:
§ Descriptive: - Simple
Present Tense
- Generic structure (Identification dan
Description)
§ Recount: - Simple Past dan Past
Continuous Tense
- Generic structure (Setting or Orientation,
Last of Events and
Re-
orientation)
§ Kosa Kata - Stories
- Explorer
- Adjectives
- Nouns
- Adverbs
- Verb
C. METODE PEMBELAJARAN :
Three- Phase Technique
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
-
Tanya jawab mengenai seseorang
-
Brain storming
2.
Kegiatan Inti
-
Mengungkapkan kosa kata dan teks descriptive dan
recount
-
Menggunakan kosa kata dan tata bahasa dalam
kalimat
-
Menirukan kata-kata yang diucapkan guru
-
Mendengarkan contoh untuk ungkapan pendek
-
Menamai bagian-bagian penting
dalam teks descriptive dan recount.
3. Kegiatan Penutup
-
Menanyakan kesuliatan siswa selama
PBM
-
Menyimpulkan materi
-
Menugaskan siswa untuk
mendeskripsikan seseorang
E.
SUMBER BELAJAR
1.
English on Sky, grade
VIII Erlangga:58.
2.
Move On, grde VIII
Ganeca:6.
3.
Script monolog pendek
F.
PENILAIAN
a.
Teknik : Tes Lisan
b.
Bentuk : Performance
c.
Instrumen :
-
Answer the questions
orally based on the text.
-
Choose the best option
G. PEDOMAN PENILAIAN
1.
Materi 4 = 80 – 100
2.
Materi 3 = 60 – 79
3.
Materi 2 = 50 – 59
4.
Materi 1 = kurang dari
50
5.
Jumlah Nilai Maksimal =
100
6.
Nilai Siswa = 1 + 2 + 3
+ 4

Keerom,…………….
APPROVAD
ENGLISH TEACHER,
HEADMASTER
SYAMSUDIN,S,Pd. NURAINI,S,Pd
NIP.196502211990021001
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH :
MTs.AL-MUHTADIN
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VIII / I
Alokasi Waktu :
4x 35 Menit (3 x pertemuan)
Skill :
BERBICARA (SPEAKING)
Tema :
Jenis Teks : Percakapan transaksional dan
interpersonal
§ STANDAR KOMPETENSI :
(SK-3)
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal lisan pendek sederhana
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
§ KOMPETENSI DASAR :
(KD-3.1)
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, dan menolak
jasa; meminta, memberi, dan menolak barang; mengakui, mengingkari fakta; dan
meminta, dan memberi pendapat.
§ INDIKATOR :
Bertanya dan
menjawab tentang:
1. Meminta,
memberi, dan menolak jasa
2.
Meminta, memberi, dan menolak barang
3.
Mengakui dan mengingkari fakta
4.
Meminta, dan memberi pendapat.
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Akhir dari pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat:
Bertanya dan menjawab menggunakan
ungkapan-ungkapan meminta,
memberi, dan menolak jasa; meminta, memberi, dan menolak barang; mengakui,
mengingkari fakta; dan meminta, dan memberi pendapat.
B.
MATERI PEMBELAJARAN
Percakapan transaksional dan interpersonal sederhana yang memuat
ungkapan-ungkapan :
v Meminta, memberi dan
menolak jasa / barang.
A: Let me help you. A:
Would you mind to send this letter?
B: Thank you so much. B:
I’m sorry. I’m busy now.
A: Can I have a bit? A:
May I use your typewriter, please?
B: Sure. Here you are. B:
Not now. I’m using it.
v
Mengakui dan mengingkari
fakta
A: Did you break the glass?
B: Yes, I did / No, it wasn’t me.
v Meminta dan memberi pendapat.
A: What do you think of this?
B: Not bad.
C.
METODE PEMBELAJARAN : Three – Phase Technique
D.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
PERTEMUAN I
§ Kegiatan Pendahuluan
-
Tanya jawab tentang berbagai hal yang berhubungan
dengan kegiatan siswa.
-
Tanya jawab yang berhubungan dengan materi.
§ Kegiatan Inti
-
Memperkenalkan dan membahas kosa kata baru dalam
ungkapan-ungkapan yang diberikan.
-
Mendengarkan percakapan yang diucapkan guru.
-
Mendengarkan dan menirukan ungkapan-ungkapan yang
diucapkan guru.
-
Menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.
-
Berlatih menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut
dalam percakapan.
§ Kegiatan Penutup
-
Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami
ungkapan-ungkapan yang telah diajarkan.
-
Mengecek kembali pemahaman siswa.
-
Menyimpulkan materi pembelajaran.
-
Menugaskan siswa untuk menggunakan
ungkapan-ungkapan yang dipelajari dalam situasi yang sesungguhnya.
PERTEMUAN
II
§ Kegiatan Pendahuluan :
-
Tanya jawab tentang berbagai hal yang berhubungan
dengan kegiatan siswa.
-
Tanya jawab terkait dengan materi tentang ungkapan
mengakui dan mengingkari fakta.
§ Kegiatan Inti
-
Mendengarkan percakapan yang diucapkan guru.
-
Mendengarkan dan menirukan kembali
ungkapan-ungkapan yang diucapkan guru.
-
Tanya jawab menggunakan ungkapan mengakui dan
mengingkari fakta.
-
Melakukan percakapan berdasarkan situasi yang
disediakan.
-
Menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah
dipelajari dalam situasi yang sebenarnya.
§ Kegiatan Penutup
-
Menanyakan kesulitan siswa dalam memahami
ungkapan-ungkapan yang telah diajarkan.
- Mengecek kembali pemahaman siswa.
- Menyimpulkan materi.
-
Menugaskan siswa untuk membuat percakapan pendek
menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari.
PERTEMUAN
III
§ Kegiatan Pendahuluan
-
Brainstorming / realia
-
Tanya jawab terkait materi tentang ungkapan
meminta dan memberi pendapat.
§ Kegiatan Inti
-
Mempelajari kosakata / ungkapan-ungkapan terkait
materi.
-
Tanya jawab menggunakan ungkapan meminta dan
memberi pendapat.
- Melakukan percakapan yang disediakan.
-
Menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah
dipelajari dalam situasi yang sebenarnya.
§ Kegiatan Penutup
-
Mengecek kembali pemahaman siswa dalam memahami
ungkapan-ungkapan yang telah diajarkan.
- Menyimpulkan materi.
-
Menugaskan siswa untuk membuat percakapan pendek
menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari.
E.
SUMBER BELAJAR
1. Contoh-contoh teks
ungkapan terkait materi.
2.
Buku-buku teks yang relevan. ( Pakar Raya, Let’s Talk for Grade
VIII)
F.
PENILAIAN
1.
Tehnik :
Tes Lisan
2.
Bentuk Instrumen :
Dialogue
3.
Instrument : Create a dialogue based on the situation given
and perform it in
front of the class.
The situation given:
1.
You’re walking on the pavement.
You meet an old woman who wants to cross the street. You want to help her.
What would you say? And how would the old woman respond to it?
2.
Your friend wants to use your
dictionary. You allow him/her to use it.
What would your friend say? And how would you reply?
3.
You have a homework and you think
it is difficult. You ask your brother to help you. Unfortunately, he can’t help
you because he is busy.
What would you say? And how would your brother respond to it?
4.
You see your friend repairing his
bicycle. You want to help him, but he refuses your help because he can do it
himself.
What would you say? And how would your friend respond to it?
5.
You want to borrow your friend’s
hand phone. He/she does not allow you to use it.
What would you say? And how would he/she respond to it?
G.
PEDOMAN PENILAIAN
Nilai
|
Skor
|
4
3
2
1
|
80 – 100
60 – 79
50 – 59
kurang dari <50
|
H.
RUBRIK PENILAIAN
No.
|
Uraian
|
Skor
|
a.
|
Pronunciation
(Kefasihan)
-
Tanpa kesalahan (sedikit sekali)
-
Salah, namun tidak membuat salah
pengertian
-
Kesalahan-kesalahan yang membuat
salah pengertian
- Sukar sekali
sehingga tidak dapat dimengerti
|
4
3
2
1
|
B
|
Fluency (Kelancaran)
-
Selancar bahasa sendiri
- Sekali-kali
berhenti untuk menyusun kalimat
-
Sering berhenti
-
Tidak lancar / selalu ragu-ragu
|
4
3
2
1
|
c.
|
Grammar (tata bahasa)
-
Tidak ada kesalahan
- Kadang-kadang
memakai kata yang kurang tepat
- Sering menggunakan
kata yang tidak tepat
- Sering sekali
menggunakan kata yang tidak tepat
|
4
3
2
1
|
Keerom,…………….
APPROVAD
ENGLISH TEACHER,
HEADMASTER
SYAMSUDIN,S,Pd. NURAINI,S,Pd
NIP.196502211990021001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH :
MTs.Al-Muhtadin
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VIII / I
Alokasi Waktu :
3 x 35 Menit (3 x pertemuan)
Skill :
Speaking
Tema :
Frendship
Jenis Teks :
Percakapan Transaksional/Interpersonal
STANDAR KOMPETENSI : (SK-3)
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal pendek
sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
KOMPETENSI DASAR : (KD-3.2)
Memahami dan merespon percakapan transaksional (to get thing done) dan
interpersonal (bersosialisasi) sederhana menggunakan ragam bahasa lisan yang
akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang
melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima, dan menolak ajakan, menyetujui /
tidak menyetujui, memuji dan memberi ucapan selamat.
INDIKATOR
a. Bertanya dan menjawab
tentang mengundang,menerima dan menolak undangan
b. Bertanya dan menjawab
tentang menyetujui/tidak menyetujui tentang sesuatu
c. Bertanya dan menjawab
memuji dan memberi selamat kepada seseorang
A. TUJUAN
PEMBELAJARAN
Akhir
dari pembelajaran ini siswa diharapkan mampu :
§ Bertanya dan menjawab
tentang mengundang,menerima dan menolak undangan
§ Bertanya dan menjawab
tentang menyetujui/tidak menyetujui sesuatu
§ Bertanya dan menjawab
tentang memuji dan memberi selamat seseorang
B.
MATERI PEMBELAJARAN
a. Percakapan transaksinal
dan interpersonal sederhana:
Ungkapan mengundang,menerima dan menolak undangan
1. X: Would you come to my birthday party
tonight?
Y:
With my pleasure
2. X: Would you see the Samson’s concert at PTC?
Y:
Sure. But when?
X:
Tomorrow night
Y:
Oh…I’m sorry, actually I’d like to but, I have to pick my sister up from the
airport
X:
What a pity
3. X: How if we join the pramuka extracurricular
activity?
Y :I’m sorry actually I’d like to but I have
joined in the drum band extracurricular activity.
Ungkapan menyetujui/tidak menyetujui sesuatu
4. X: How if we go to SAGA Mall after school?
Y
: I agree with you
Ungkapan memuji dan
memberi ucapan selamat
5. X: You look nice wearing your new dress!
Y:
Really.Thank you
6. X: Happy birthday
Y:
Thank you
b. Kosakata terkait
dengan tema / jenis teks
- grades - grade -
congratulation - keep
- praise - really! -
nice
c.
Ungkapan baku : - Happy
birthday - Happy new
year
-
Hapy Lebaran day - Happy
mother’s day
-
Merry Christmas - Thank
you
- Hapy Valentine
C. METODE PEMBELAJARAN : Three- Phase Technique
D.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan I
a.
Kegiatan Pedahuluan
·
Tegur – sapa
·
Tanya jawab berbagai hal
terikat kondisi siswa
·
Brainstorming
b.
Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan
ungkapan mengundang,
menerima, dan menolak ajakan
· Guru memberikan model
· Guru meminta siswa
memodelkan percakapan secara berpasangan
c.
Kegiatan penutup
· Menanyakan kepada
siswa tentag materi yang sudah diajarkan sebagai penguatan
· Refleksi siswa
Pertemuan II
a.
Kegiatan Pedahuluan
·
Tegur – sapa
·
Tanya jawab berbagai hal
terikat kondisi siswa
·
Brainstorming
b.
Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan
ungkapan menyetujui/tidak
menyetujui sesuatu
· Guru memberikan model
· Siswa melakukan role
play secara berpasangan
· Guru Melakukan
pendampingan ke masing kelompok
c.
Kegiatan penutup
· Menanyakan kepada
siswa tentag materi yang sudah diajarkan sebagai penguatan
· Refleksi siswa
Pertemuan III
d.
Kegiatan Pedahuluan
·
Tegur – sapa
·
Tanya jawab berbagai hal
terikat kondisi siswa
· Tanya jawab terkait
materi tentang ungkapan memuji
dan memberi selamat seseorang
e.
Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan
ungkapan memuji dan memberi
selamat seseorang
· Guru memberikan model
· Siswa melakukan role
play secara berpasangan
f.
Kegiatan penutup
· Menanyakan kepada
siswa tentag materi yang sudah diajarkan sebagai penguatan
· Refleksi siswa
E. SUMBER BELAJAR
§
§
Pictures in worksheet
§
Exercises
§
Script in the worksheet
§
Role cards
F.
PENILAIAN
a. Teknik : Unjuk Kerja
b. Bentuk : Role Play
c.
Instrumen
Practice the dialog in pairs. Use the cues
G.
PEDOMAN PENILAIAN
§ Nilai 4 = 80 - 100
§ Nilai 3 = 60 -79
§ Nilai 2 = 50 -59
§ Nilai 1 = kurang dari
50
§ Jumlah Nilai Maksimal
= 100
§ Nilai siswa : 1 + 2 +
3 + 4 dibagi 4
H. RUBRIK PENILAIAN
No.
|
URAIAN
|
SKOR
|
1.
|
v Pronunciation
1. Tanpa kesalahan/sedikit
sekali
2. Salah namun tidak
membuat salah pengertian
3. Kesalahan-kesalahan
yang membuat salah pengertian
4. Sukar sekali/tidak
dapat dimengerti
v Fluently/kelancaran
1. Selancar bahasa
sendiri
2. Sekali-kali
berhenti menyusun kalimat
3. Sering berhenti
4. Tidak bersambung/selalu
ragu-ragu
v Grammar
1. Tidak ada kesalahan
2. Kadang-kadang
membuat kesalahan
3. Sering membuat
kesalahan
4. Banyak sekali
kesalahan
v Vocabulary
1. Tidak ada kesalahan
2. Kadang-kadang
memakai kata yang tidak tepat
3. Sering memakai kata
yang salah
4. Sering sekali memakai
kata yang tidak tepat
|
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
|
Keerom,…………….
APPROVAD ENGLISH
TEACHER,
HEADMASTER
SYAMSUDIN,S,Pd. NURAINI,S,Pd
NIP.196502211990021001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH :MTs.Al-Muhtadin
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VIII / I
Alokasi Waktu :
4 x 40 Menit (2 x pertemuan)
Skill :
Speaking
Tema : Teenage Life
Jenis Teks :
Teks lisan fungsinal pendek sederhana
STANDAR KOMPETENSI : (SK-4)
Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional dan monolog pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
KOMPETENSI DASAR : (KD-4.1)
Mengungkapkan makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana
menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
INDIKATOR
-
Mengungkapkan secara lisan teks fungsional pendek
berbentuk undangan
-
Bertanya dan menjawab secara lisan berbagai
informasi tentang teks fungsional pendek berbentuk undangan
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Akhir
dari pemsssbelajaran ini siswa diharapkan :
-
Mengungkapkan secara lisan teks fungsional pendek berbentuk undangan
-
Bertanya dan menjawab secara lisa berbagi
informasi dalam teks undangan
B.
MATERI PEMBELAJARAN
a. Teks lisan fungsional
pendek berbentuk undangan
b. Kosakata terkait
tema/jenis teks
Misalnya : invite, birthday party
c.
Ungkapan baku : - invite you to come ....... -
I’d love to
C. METODE PEMBELAJARAN : Three- Phase
Technique
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
1. Kegiatan
Pendahuluan
Tanya jawab mengenai berbagai hal terkait
materi
2. Kegiatan Inti
-
Memperkenalkan kosakata baru tentang mengundang
-
Membuat kalimat sederhana untuk mengundang
3. Kegiatan Penutup
-
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
-
Menyimpulkan materi pembelajaran
-
Menugaskan siswa untuk mendeskripsikan kartu
undangan
Pertemuan II
1. Kegiatan Pendahuluan
-
Siswa merespon pertanyaan-pertanyaan yang
diberikani
2. Kegiatan Inti
-
Membahas gambit-gambit yang terkait materi
-
Membuat undangan secara lisan
3. Kegiatan Penutup
-
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
-
Mengecek kmbali pemahaman siswa tentang materiyang
sudah diajarkan
-
Menyimpulkan materi
E. SUMBER BELAJAR
-
Let’s talk, Grade VIII
-
English for SMP Grade VIII
F.
PENILAIAN
a. Teknik : Tes lisan
b. Bentuk : Performance
c.
Instrumen
v
Invite your friend to come
to your birthday party orally!
G.
PEDOMAN PENILAIAN
1.
Materi 4 = 80 - 100
2. Materi 3 = 60 -79
3. Materi 2 = 50 -59
4. Materi 1 = kurang
dari 50
5. Jumlah Nilai Maksimal
= 100
6. Nilai siswa : 1 + 2 +
3 + 4 dibagi 4
-
RUBRIK PENILAIAN
No.
|
URAIAN
|
SKOR
|
1.
|
1. Pronunciation
-
tanpa kesalahan/sedikit sekali
-
salah namun tidak membuat salah pengertian
-
kesalahan-kesalahan yang membuat salah
pengertian
-
sukar sekali/tidak dapat dimengert
2. Fluently/kelancaran
-
selancar bahasa sendiri
-
sekali-kali berhenti menyusun kalimat
-
sering berhenti
-
tidak bersambung/selalu ragu-ragu
3. Grammar
-
tidak ada kesalahan
-
kadang-kadang membuat kesalahan
-
sering membuat kesalahan
-
banyak sekali kesalahan
4. Vocabulary
-
tidak ada kesalahan
-
kadang-kadang memakai kata yang tidak tepat
-
sering memakai kata yang salah
-
sering sekali memakai kata yang tidak tepat
|
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
|
Keerom,…………….
APPROVAD
ENGLISH TEACHER,
HEADMASTER
SYAMSUDIN,S,Pd. NURAINI,S,Pd
NIP.196502211990021001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH :MTs
AL-Muhtadin
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VIII / I
Alokasi Waktu :
4 x 35Menit (2 x pertemuan)
Skill : Speaking
Tema : Animal,
Recreation
Jenis Teks : Monolog
STANDAR KOMPETENSI : (SK-4)
Mengungkapkan makna dalam teks lisan
fungsional dan monolog pendek sederhana berbentu descriptive dan recount untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
KOMPETENSI DASAR : (KD-4.2)
Mengungkapkan makna dalam monolog pendek sederhana menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat dalam bentuk teks descriptive dan recount
INDIKATOR
-
Bertanya dan menjawab berbagai informasi secara
lisan dalam teks pendek berbentuk descriptive dan recount
-
Menentukan ciri kebahasaan teks
descriptive dan recount
-
Melakukan monolog pendek berbentuk descriptive dan
recount
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Akhir
dari pembelajaran ini siswa diharapkan :
1. Bertanya dan menjawab
berbagai informasi secara lisan dalam teks pendek berbentuk descriptive dan
recount
2. Menentukan ciri
kebahasaan teks descriptive dan recount
3. Melakukan monolog
pendek berbentuk descriptive dan recount
B.
MATERI PEMBELAJARAN
a.
Teks monolog pendek berbentuk
descriptive (describing animal) dan recount (personal experience)
v Describing animal in
the picture
Hi, I’ll describe my
favorite animal. This is a penguin. It’s a kind of poultry. It lives in the
South Pole. It has two colour black and white. It likes to eat fish very much.
It has two legs. I like it very much. Thank you
v
Recount (Personal
experience)
Hi,
yesterday my mother and I went to PTC. As soon as we entered PTC, we met Ariel
Peter Pan there. He looked more handsome than his picture. And of course I
asked for his autograph. And he signed my book quickly and he went to the
clothes shop.
b. Tata bahasa dan
kosakata terkait tema.
-
Descriptive : Simple
Present Tense
-
Recount : Past Tense and Past Continous Tense
-
Kosakata : kinds of animals, Verbs, adjectives
C. METODE PEMBELAJARAN : Three-
Phase Technique
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
1.
Kegiatan Pendahuluan
-
Tanya jawab mengenai hewan–hewan
yang diketahui siswa
-
Siswa menentukan hewan-hewan yang mereka sukai
2.
Kegiatan Inti
-
Mengembangkan kosakata dan tata bahasa teks descriptive
-
Menggunakan kosakata dan tata bahasa dalam kalimat
-
Menirukan kata-kata yang diucapkan guru
-
Mendengarkan contoh monolog pendek descriptive
-
Melakukan monolog pendek bentuk descriptive
3. Kegiatan Penutup
-
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
-
Menyimpulkan materi pembelajaran tentang monolog
pendek bentuk descriptive
-
Menugaskan siswa untuk mendeskripsikan gambar yang
diberikan
Pertemuan II
1. Kegiatan Pendahuluan
-
Tanya jawab mengenai pengalaman pribadi
masing-masing
1. Kegiatan Inti
-
Mengembangkan kosakata dan tata bahasa teks
recount
-
Menggunakan kosakata dan tata bahasa dalam kalimat
-
Menirukan kata-kata yang diucapkan oleh guru
-
Mendengarkan contoh monolog pendek recount
-
Melakukan monolog pendek recount
2. Kegiatan Penutup
§ Menanyakan kesulitan
siswa selama PBM
§ Menyimpulkan materi
§ Menugaskan siswa
untuk menggunakan materi yang sudah dajarkan dalam kehidupan nyata
E. SUMBER BELAJAR
-
Let’s talk, Grade VIII,hal. 8-9
-
Script monolog pendek
-
CD
F.
PENILAIAN
a. Teknik : Tes lisan
b. Bentuk : Performance
c. Instrumen
1.
Describe your favorite animals
2.
Tell your activity last Sunday
3.
Describe your favorite animals in
front of the class
4.
Tell your activity last Sunday in
front of the class
G.
PEDOMAN PENILAIAN
1.
Materi 4 = 80 - 100
2. Materi 3 = 60 -79
3. Materi 2 = 50 -59
4. Materi 1 = kurang
dari 50
5. Jumlah Nilai Maksimal
= 100
6. Nilai siswa I/II : 1
+ 2 + 3 + 4 dibagi 4
7. Nilai siswa : Nilai
I + Nilai II
2
H. RUBRIK PENILAIAN
No.
|
URAIAN
|
SKOR
|
1.
|
a.
Pronunciation
-
Tanpa kesalahan/sedikit sekali
-
Salah namun tidak membuat salah pengertian
-
Kesalahan-kesalahan yang membuat salah
pengertian
-
Sukar sekali/tidak dapat dimengert
b.
Fluently/kelancaran
-
Selancar bahasa sendiri
-
Sekali-kali berhenti menyusun kalimat
-
Sering berhenti
-
Tidak bersambung/selalu ragu-ragu
c.
Grammar
-
Tidak ada kesalahan
-
Kadang-kadang membuat kesalahan
-
Sering membuat kesalahan
-
Banyak sekali kesalahan
d.
Vocabulary
-
Tidak ada kesalahan
-
Kadang-kadang memakai kata yang tidak tepat
-
Sering memakai kata yang salah
-
sering sekali memakai kata yang tidak tepat
|
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
|
Keerom,…………….
APPROVAD ENGLISH
TEACHER,
HEADMASTER
SYAMSUDIN,S,Pd. NURAINI,S,Pd
NIP.196502211990021001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH :
MTs.AL-MUHTADIN
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VIII / I
Alokasi Waktu :
4 x 40 Menit (2 x pertemuan)
Skill : Reading
Tema : Teenage Life
Jenis Teks :
Teks fungsional pendek sederhana
Stándar Kompetensi : (SK-5)
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk
descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : (KD-5.1)
Membaca nyaring teks tulis fungsional dan esai berbentuk descriptive dan
recount sederhana dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang
berkaitan dengan lingkungan sekitar.
Indikator
-
Membaca dengan nyaring dan bermakna teks
fungsional pendek berbentuk undangan
-
Mengidentifikasi tujuan komunikatif teks berbentuk
undangan
-
Mengidentifikasi berbagai informasi yang terdapat
dalam undangan
-
Menceritakan kembali isi teks fungsional pendek
sederhana berupa Undangan
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Akhir
dari pembelajaran ini siswa diharapkan :
- Melafalkan kosakata dengan baik dan benar
2. Membaca nyaring
dengan intonasi yang tepat
3. Mengidentifikasi
tujuan komunikatif teks berbentuk undangan
4. Mengidentifikasi
berbagai informasi yang terdapat dalam undangan
5. Menceritakan kembali
isi teks fungsional pendek dan sederhana berupa undangan
B. MATERI PEMBELAJARAN
You’re
Invited
Occasion : Kim’s birthday
Date : July 7, 2007
Time : 6.30 p.m.
Place : 44 Devoe road
Directio : Take the
number 5 bus to the corner of Devoe and King street. We’re the second house
on the right. Please arrive on time. This is a surprise party
Regret
only : Marie Salinger 238. 1722
Taken
from English book 8 Depdiknas page 63
|
C.
METODE PEMBELAJARAN : Three-
Phase Technique
D. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan
I
1. Kegiatan Pendahuluan
-
Menunjukkan jenis-jenis kartu undangan kepada
siswa yang berkaitan dengan tema
-
Menyebutkan jenis-jenis pesta yang ada dalam kartu
undangan
-
Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan tema
2. Kegiatan Inti
-
Menirukan/mengulangi kalimat/kata yang dimodelkan
oleh guru
-
Membaca nyaring teks undangan dengan ucapan dan
intonasi yang benar
-
Menjawab pertanyaan secara orally tentang isi
undangan
3. Kegiatan Penutup
-
Menceritakan kembali isi undangan
-
Meminta siswa membawa kartu/teks undangan pada
pertemuan yang akan data
Pertemuan II
1. Kegiatan Pendahuluan
-
Tanya jawab secara orally tentang kartu/teks
undangan yang dibawa oleh siswa
2. Kegiatan Inti
-
Menirukan/mengulangi kosakata yang sulit yang
terdapat dalam teks undangan
-
Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat
-
Menirukan kata-kata yang diucapkan oleh guru
-
Menjawab pertanyaan secara orally tentang isi teks
undangan
3. Kegiatan Penutup
-
Menceritakan kembali isi teks undangan yang mereka
bawa
-
Menyimpulkan materi
-
Menugaskan siswa untuk menggunakan materi yang
sudah dajarkan dalam kehidupan nyata
E.
SUMBER BELAJAR
1.
Let’s talk, Grade VIII,hal. 42-43
2. Buku Bahasa Inggris
VIII, Depdiknas 2004, page 63-64
3. New concept English
2, Armico, page 129
F.
PENILAIAN
a. Teknik : Tes lisan
b.
Bentuk : Membaca nyaring, menceritakan kembali
c.
Instrumen
v
Read the text aloud and
clearly
I.
Read this invitation
THE
1 WORLD YOUTH CONFERENCE
Organizing
Committee
We
would like you to come to a dinner party in Aceh Room on Monday 23 from 07.00
p.m. to 09.00 p.m
Admits
: Two (2) persons RSUP
Phone : 232007
|
2.
Re-tell the invitation in front of
the class
G. PEDOMAN PENILAIAN
1.
Nilai 5 = 90 - 100
2. Nilai 4 = 80 -89
3. Nilai 3 = 70 -79
4. Nilai 2 = 60-69
5. Nilai 1 = kurang dari
59
6. Jumlah Nilai Maksimal
= 100
7. Nilai siswa I/II : 1
+ 2 + 3 + 4 dibagi 4
8. Nilai siswa : Nilai
I + Nilai II
2
H.
RUBRIK PENILAIAN
Instrumen
|
Uraian
|
Skor
|
I. Read the
intonation clearly and aloud
II. Re-tell
the invitation
|
a. fluently
b. accuracy
c.
pronunciation
d. performance
|
1-5
1-5
1-5
1-5
|
Jumlah
|
20
|
Keerom,…………….
APPROVAD ENGLISH
TEACHER,
HEADMASTER
SYAMSUDIN,S,Pd.
NURAINI,S,Pd
NIP.196502211990021001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH :
MTs.AL-MUHTADIN
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VIII / I
Alokasi Waktu :
4 x 35 Menit (2 x pertemuan)
Skill :
Reading
Tema : Friendship
Jenis Teks :
Teks fungsional
Stándar Kompetensi : (SK-5)
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk
descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : (KD-5.2)
Merespon makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat,
lancar, dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar.
Indikator
Mengidentifikasikan :
§ Informasi dalam teks
undangan
§ Fungsi Sosial teks undangan
§ Ciri kebahasaan teks undangan
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Akhir
dari pembelajaran ini siswa diharapkan :
-
Respond the meaning of the content
of the invitation text.
B. MATERI PEMBELAJARAN
§ Teks fungsional pendek berupa : Undangan
|
Dear Rio,
I want you to come to my house for lunch
on Sunday at 12 a.m.
Thanks
Monalisa
§
Vocabularies : lunch, come, party, house, want
§
Gambits: Would you come to…., I will be glad if you…,
Please come to ….
C.
METODE PEMBELAJARAN : Three-
Phase Technique
D.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan I
1. Kegiatan Pendahuluan
-
Greeting, asking students’
condition, and check the students’ attendance.
-
Ask and answer about invitation.
2. Kegiatan Inti
-
Read an invitation text
-
Find out the difficult words then
translate them into Indonesian.
-
Ask the questions
3. Kegiatan Penutup
-
Ask the students the difficulties
during the teaching and learning activities
-
Summarizes the material
-
Reinforcement.
Pertemuan II
1. Kegiatan Pendahuluan
-
Greeting, asking students’
condition, check the students’ attendance.
-
Remind students about the last
materials that they have learned.
F. Kegiatan Inti
-
Read other invitation.
-
Find out the difficult words then
translate them into Indonesian.
-
Ask the questions
G. Kegiatan Penutup
-
Ask the students difficulty during
the teaching and learning activities
-
Summarizes the material
-
Reinforcement.
E. SUMBER BELAJAR
Buku – buku
yang relevan :
-
Lets Talk grade VIII, Dra. Helena I. R. Agustien,
M.A., Ph.D, Bachtiar Bima M,
Cicik Kurniawati.
-
ENGLISH ON SKY BOOK 2, Mukarto,
Sujatmiko B.S, Josephine S.M, Widya Kuswara, Erlangga, 2005, page 2-9.
-
AMANDA, Setya Nurachmandani, M.Pd, Tim penyusun
Amanda, Amanda Solo, 2007
-
Pictures in the worksheet
-
Exercises
-
Script in the worksheet
F. PENILAIAN
a.
Teknik : Tes Lisan
b.
Bentuk : Membaca nyaring
c.
Instrument
I.
Read the text carefully the answer
the questions !
Dear Maria,
I will be glad if you could attend to
my birthday party tomorrow night at my house. The party will begin at 19.00 p.m.
Thanks.
Your
sincerely,
Sandra
Rachman
Notes :
Please be on time !
Costume : Black and white
|
The questions :
- Identify the text above!
- What is the function of that text?
- What tense is used for the text?
Answer Key :
1.
- Invite : Maria
- Occasion : Sandra’s birthday party
- Time : 19.00 p.m.
- Place : Sandra’s house
- Inviter : Sandra Rachman
2.
The function of the text is to
invite Maria to attend to Sandra’s birthday party.
3.
Tense that used is The present
future Tense.
G. PEDOMAN PENILAIAN
1.
Untuk soal no.1 tiap jawaban benar
skornya 12
2.
Untuk soal no.2 dan 3 tiap jawaban
benar skornya 20
3.
Jumlah skor maksimal = no.1 12
x 5 = 60.
no.2 & 3 20 x 2 = 40
4.
Jumlah nilai maksimal no.1 + 2 + 3
= 60 + 40 = 100
5. Nilai siswa = Nilai
perolehan = Nilai maksimal x 100
H. RUBRIK PENILAIAN
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1
|
-
Jawaban benar
-
Jawaban salah
-
Tidak menjawab
|
12
1
0
|
2
|
-
Jawaban benar
-
Jawaban salah
-
Tidak menjawab
|
20
1
0
|
3
|
-
Jawaban benar
-
Jawaban salah
-
Tidak menjawab
|
|
Keerom,…………….
APPROVAD ENGLISH
TEACHER,
HEADMASTER
SYAMSUDIN,S,Pd
NURAINI,S,Pd
NIP.196502211990021001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH MTs.AL-MUHTADIN
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VIII / I
Alokasi Waktu :
4 x 35 Menit (2 x pertemuan)
Skill :
Reading
Tema :
Jenis Teks :
Teks Descriptive dan Recount
Stándar Kompetensi : (SK-5)
Memahami makna teks tulis fungsional dan esai pendek sederhana berbentuk
descriptive dan recount yang berkaitan dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : (KD-5.3)
Merespon makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan
dengan lingkungan sekitar dalam teks yang berbentuk descriptive dan recount
Indikator
-
Makna gagasan
-
Makna tekstual dalam teks
descriptive atau recount
-
Langkah retorika teks descriptive
atau recount
-
Tujuan komunikatif teks
descriptive atau recount
-
Ciri kebahasaan teks descriptive
atau recount
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir pembelajaran siswa dapat :
a.
Menentukan gagasan umum teks
descriptive atau recount
b.
Menemukan informasi rinci dalam
teks descriptive atau recount
c.
Menemukan makna kata tertentu dalam teks
descriptive atau recount
d.
Menemukan ciri kebahasaan teks
descriptive atau recount
B. MATERI PEMBELAJARAN
a)
Teks monolog pendek berbentuk
descriptive (describing animal) dan recount (personal experience).
v
Describing animal based on the picture.
Hi, do you
know this animal? (showing the picture). Right! This is a giraffe. You can see
this animal at the zoo.
One of the most interesting animals in the zoo is the giraffe. This is
the giraffe we saw at the zoo It is male and it is about six meters tall.
The giraffe has big brown eyes. They are protected by very thick
lashes. This giraffe has brown spots on the skin. This coloring helps protect
the giraffe. It also has two short horns on its head.
Like a camel, it can go for a long time without drinking water. One
source of water is the leaves which it eats from trees. It is tall, so the
giraffe can reach the tender leaves at the top of the tree.
The giraffe has two methods of self protection. If something frightens
an adult giraffe, it can gallop away at about fifty kilometers per hour or stay
to fight with its strong legs.
v
Recount (Personal experience)
Last
school holiday, my family and I went to the zoo. We went there early in the
morning by our car. At the zoo, we went around the area. We saw monkeys
swinging on the branches of trees. There were also lions, tigers, giraffe and
other animals. There was an elephant show and we enjoyed watching it. At 5 p.m
we went home. We were tired but we were happy.
b)
Tata bahasa dan kosakata terkait tema.
c)
Grammar : Simple
Present and Simple Past Tense
C.
METODE PEMBELAJARAN : Three-
Phase Technique
D.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
Pertemuan I
1. Kegiatan Pendahuluan
-
Menjawab berbagai pertanyaan tentang gambar
binatang tertentu
-
Menentukan makna kata dan menggunakannya dalam
kalimat (terkait binatang tertentu)
2. Kegiatan Inti
-
Membaca teks descriptive
-
Menjawab pertanyaan tentang isi teks descriptive:
(gagasan utama, informasi rinci, makna kata, dan tujuan komunikatif)
-
Menentukan makna kata, dan bentuk kata kerja yang
digunakan dalam teks descriptive
-
Membaca teks descriptive lainnya.
3. Kegiatan Penutup
-
Menanyakan kesulitan siswa dalam
memahami teks descriptive
-
Menyimpulkan materi
-
Menugaskan siswa mencari teks descriptive dari
majalah atau buku cerita
Pertemuan II
1.
Kegiatan Pendahuluan
-
Tanya jawab mengenai pengalaman pribadi
masing-masing
-
Mendengarkan satu contoh jenis
teks recount sederhana.
2. Kegiatan Inti
-
Membaca teks recount
-
Menjawab pertanyaan tentang isi teks recount:
(gagasan utama, informasi rinci, makna kata, dan tujuan komunikatif)
-
Menentukan makna kata, dan bentuk kata kerja yang
digunakan dalam teks recount
-
Membaca teks recount lainnya.
3. Kegiatan Penutup
-
Menanyakan kesulitan siswa selama PBM
-
Menyimpulkan materi
-
Menugaskan siswa untuk menggunakan materi yang
sudah diajarkan dalam kehidupan nyata.
E. SUMBER BELAJAR
-
Contoh teks descriptive dan
recount
-
Majalah / buku cerita
-
Perpustakaan
-
Buku teks :Let’s talk kls VIII
F. PENILAIAN
a.
Teknik : Tes lisan , tes tulis
b.
Bentuk : Menjawab pertanyaan, Membaca nyaring
c.
Instrumen :
I.
Answer the questions based on the
text!
1.
What’s the text about?
2.
What should the giraffe do for
eating?
3.
How are the giraffe‘s eyes?
4.
Why does the giraffe take leaves
at the top of tree?
5.
What does the word “giraffe“ mean?
6.
What is the purpose of the text
above?
7.
Mention three nouns in the text!
(Source: Let’s Talk :15)
II.
Read aloud the text given!
G. PEDOMAN PENILAIAN
1. Untuk soal I, tiap
nomor benar diberi skor 5
2.
Skor maksimal = 8 x 5 = 40
3. Nilai maksimal = 10
4. Nilai siswa = Skor
perolehan x 10
Skor maksimal
H. RUBRIK PENILAIAN
Instrumen
|
Uraian
|
Skor
|
Read aloud Descriptive or recount
teks.
|
a. fluently
b. accuracy
c.
pronunciation
d. performance
|
1-5
1-5
1-5
1-5
|
|
Jumlah
|
20
|
Keerom,…………….
APPROVAD
ENGLISH TEACHER,
HEADMASTER
SYAMSUDIN, S,Pd.
NURAINI, S,Pd
NIP.196502211990021001
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SEKOLAH :MTs.AL-MUHTADIN
Mata Pelajaran :
Bahasa Inggris
Kelas / Semester :
VIII / I
Alokasi Waktu :
4 x 35 Menit (2 x pertemuan)
Skill :
Menulis (Writing)
Tema :
An
Jenis Teks :
Teks Fungsional
Stándar Kompetensi : (SK-6)
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional dan esei
pendek sederhana berbentuk descriptive dan recount untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar.
Kompetensi Dasar : (KD-6.1)
Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar.
Indikator
·
Melengkapi rumpang teks
fungsional pendek
·
Menyusun kata menjadi teks fungsional yang
bermakna
·
Menulis teks fungsional
pendek.
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pada akhir pembelajaran siswa dapat:
·
Melengkapi rumpang teks
fungsional pendek
·
Menyusun kata menjadi teks fungsional yang
bermakna
·
Menulis teks fungsional
pendek.
B. MATERI PEMBELAJARAN
a.
Contoh-contoh teks fungsional
pendek berupa:
v Undangan
You are invited to
a birthday party
With
Rini Hapsari Putri
Sunday, July 17th
07.00 p.m
The Hapsari Home
Jl Pandawa 15
RSVP
0222362276
|
v Pengumuman

School announcement
Saturday morning basketball matches will begin on Saturday, January 1.
The events will run from 09.00 – 11.00 for the next four weeks.
The final tournament will be held on February 8.
For more information, Contact Ari (021) 7891023
v Pesan singkat

To Vera
Hi, Vera. I want to
tell you something. I have an idea.
What do you think about taking a computer course this semester?
Would you like to? I’ll be very happy if we can take this course
together.
Please, let me know your answer, I’ll look forward to it.
Rika
b. Kosakata yang terkait
dengan tema / jenis teks:
invite, RSVP, held, begin, events,
tell, announcement, information, contact, to, etc
c.
Nouns: An announcement, information..
d.
Verbs: invite, held, begin, contact
e.
Ungkapan baku: birthday party, dinner party
f.
Future: will, must have to
C.
METODE PEMBELAJARAN : Three-
Phase Technique
D.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Pendahuluan
a.Tanya jawab berbagai hal terkait keadaan siswa dikelas
b.Siswa menjawab hal-hal yang berhubungan dengan undangan, pengumuman dan
pesan
pendek.
2. Kegiatan Inti
Pertemuan I
a.Siswa membandingkan
contoh–contoh undangan yang dibawa serta memilih undangan
yang
umum dipakai (sebelumnya siswa diberi tugas membawa contoh undangan yang
pernah diterima)
b.Siswa mencari kata-kata yang sering dipakai
dalam membuat undangan.
c.Membahas kata sulit yang digunakan dalam teks.
d.Siswa membuat sebuah undangan ulang tahun yang
diberikan pada teman sekelasnya.
Pertemuan ke II
a.Siswa mendengarkan sebuah pengumuman / pesan
singkat dari guru
b.Menentukan makna pengumuman / pesan pendek yang
di dengar.
c.Menulis pengumuman /pesan pendek tersebut.
d.Membahas kata sulit yang di gunakan di dalam teks
tersebut.
e.Siswa membuat sebuah pengumuman / pesan pendek
yang berkaitan dengan kegiatan
sekolah.
f.Siswa diberi contoh teks yang lain.
g.Siswa melengkapi kalimat-kalimat dalam teks
tersebut.
h.Siswa menyusun kata menjadi kalimat
i.Siswa menyusun kalimat menjadi paragraph.
Kegiatan
Penutup
a.Menanyakan kesulitan yang dialami siswa selama
PBM
b.Menyimpulkan materi pembelajaran
c.Pemberian tugas tentang membuat undangan yang ditulis dan dihias
dengan indah.
d.Mencari sebuah pengumuman di Koran / majalah.
E. SUMBER BELAJAR
a. Buku-buku pelajaran
Bahasa Inggris kelas VIII
a.Let’s talk
kelas VIII
b.Tiga Serangkai. ( Effective English class
VIII)
b. Alat peraga ( contoh
kartu undangan, pengumuman dan pesan singkat)
F. PENILAIAN
a.
Tehnik : Tes tulis
b.
Bentuk : Essay
c.
Instrument
I.
Write the text and complete them
with the words in the box..
Will be
information must will they
|
Monday, April
21, is the Kartini’s Day. To celebrate
it, each class (…) present a couple of a boy and a girl. (…) have to perform
and wear the traditional costumes.
Also, there
(…) a cooking competition. Each class presents two groups, i e, one group of
boys and one group of girls. Each group consists of 3-4 students. The categories for judging will be the best
performance and creativity. Winners (…) receive prizes at 02.00 p.m. in the
school hall on the same day. For more (…) please confirm with your class
teacher.
* Rearrange into good sentence.
1.you - are - free - ? - this - afternoon
2.would - come
- you - me - with - ? - to the mall
3.we - do -
some window shopping - could.
4.is - how - ?
- that sound
III.
You will have a birthday party.
Try to write an invitation for your classmates!
Create your own time and place!
G. PEDOMAN PENILAIAN
-
Untuk soal no 1 – 5 tiap jawaban
benar skor 1
-
Untuk soal no II, no 1- 5 tiap
jawaban benar skor 2.
-
Untuk soal III. Jawaban
benar
H. RUBRIK PENILAIAN
NO
|
Uraian
|
Skor
|
I
II
III
|
Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaban yang salah /
tdk di jawab
Setiap jawaban yang benar
Setiap jawaban yang salah / tidak dijawab
Isi benar, tata bahasa benar
Isi benar, tata bahasa kurang tepat
Isi dan tata bahasa kurang tepat
Tidak menjawab
|
1
0
2
0
3
2
1
0
|
No comments:
Post a Comment