Wednesday, August 2, 2023

LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI ( PRAKERIN )

 

LAPORAN

PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)

ARI ART DIGITAL PRINTING

Alamat : Jl.garuda Arso II,Kab. Keerom

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

Description: smk n 1 keerom

 

 

 

 

 

 

 

DISUSUN OLEH:

                                 NAMA         : NUR HALIZA HASANA

                                 NIS/NISN   :  053720/0047526927

                                 KELAS        : (XII) MULTIMEDIA A

 

 

 

 

PEMERINTAH POVINSI PAPUA

DINAS PENDIDIKAN, PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH

SMK NEGERI 1 KEEROM

2022

 

 

 

 

 


HALAMAN PENGESAHAN

Laporan Praktik Kerja Industri (Prakerin)

 

“CV. ARI ART DIGITAL PRINTING”

WAKTU PELAKSANAN PRAKERIN

Periode : 18 Juli s/d 18  November 2022

 

DISUSUN OLEH:

                                       NAMA : NUR HALIZA HASANA

                                                   

                 KETUA JURUSAN :                                                         PENGUJI :

 

 

 MUHAMMAD SYAIFULLOH,S.KOM                 OMAR PARAMBAN.A,MPD

   NIP:197703212014071002                                             NIP:195410192015071002    

 

                                

 

 

                                                           KEPALA SEKOLAH

 

                                              

                                                 Drs.JOHN TARUKPONNO.Mpd

                                                     Nip: 196312051989031019

 

 

                                Laporan  ini Sebagai salah satu persyaratan untuk

                                       memperoleh nilai praktek kerja lapangan

                                      pada tanggal:  12 Desember 2022

 

 

 

 

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

Puji dan syukur dipanjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan karunia-Nya, Saya dapat menyelesaikan laporan yang merupakan syarat untuk menyelesaikaan praktek kerja industi (prakerin) di SMK Negri 1 Keerom. Dari hasil yang telah di capai selama saya mengikuti kegiatan praktek kerja lapangan (PKL) di Ari Art Digital Printing selama 4 bulan dari tanggal 18 Juli 2022 sampai dengan 20 November 2022, Saya banyak mendapatkan pengalaman berharga yang tak ternilai. Kemudian dari hal-hal tersebut menjadi dasar dan bahan penulis dalam pembuatan laporan ini. Pada kesempatan ini saya menyampaikan terima kasih atas perhatian, bantuan, bimbingan, dan kesempatan untuk melaksanakan PKL kepada :

 

1      Bapak John Tarukpono, Selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Keerem.

2      Bapak Abdullah Ridwan Selaku Pimpinan Ari Art

3      Bapak Muhammad Syaifulloh, S.Kom, Selaku pembimbing di SMK Negeri 1 Keerom

4      Orang tua saya yang membantu dan mendukung saya.

5      Serta teman-teman yang membantu dan mendukung jadinya laporan ini. 

 

               Saya  mengakui  bahwa  laporan ini  masih jauh dari sempurna, dengan dasar itu  saya  memohon  kritik  dan  saran dari  pembmbing dan penguji  terhadap laporan ini.

 

 

 

 

 

 

 

                                                                 DAFTAR ISI

 

HALAMAN PENGESAHAN. 2

KATA PENGANTAR. 3

DAFTAR ISI 4

BAB I 5

PENDAHULUAN.. 5

1.1 LATAR BELAKANG. 5

1.2 TUJUAN MANFAAT. 5

1.3 LOKASI,WAKTU,DAN TEMPAT PRAKERIN. 6

BAB II 7

GAMBARAN UMUM.. 7

2.1 SEJARAH ORGANISASI PERUSAHAAN. 7

2.2 STRUKTUR ORGANISASI 8

2.3 VISI,MISI,DAN TUJUAN ORGANISASI  PERUSAHAAN. 9

BAB III 10

KAJIAN TEORI 10

3.1. Pengertian Percetakan. 10

3.2. Pengertian Desain Grafis. 10

3.3. Software CorelDRAW.. 10

3.4. Software Adobe Photoshop. 11

BAB IV. 12

PELAKSANAN PRAKTIK KERJA INDSTRI 12

4.1.SUMBER DAYA YANG TERSEDIA. 12

4.2. PROSEDUR PEMELIHARAAN  PERALATAN. 12

4.3.HASIL PENGAMATAN. 12

4.4.PEMECAHAN  MASALAH. 12

BAB V. 13

KESIMPULAN DAN SARAN.. 13

5.1.KESIMPULAN. 13

5.2.SARAN. 13

DAFTAR PUSTAKA................................................................................................ 14

LAMPIRAN. 15

 

 

 

 

 

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG     

Sekolah  menengah  kejuruan (SMK) merupakan  salah  satu sub system pendidikan  Nasional yang memiliki  kedudukan serta  peran  yang sangat penting  dalam  mempersiapkan tenaga kerja yang terampil sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri. Salah satu untuk  mewujudkan  hal  tersebut adalah dengan mengadakan  Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Prakerin adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional  yang  terpadu  secara  sistematis  dan sinkron antara program keahlian di sekolah dan penguasaan keahlian yang diperoleh melalui praktek kerja   industri  yang  terarah untuk mencapai keahlian yang propesional antara program studi yang ada di sekolah  dengan  kebutuhan  yang  ada  di lapangan. Dengan  adanya  pengalaman  kerja  selama  prakerin, maka siswa diharapkan  tidak  hanya dapat  mencari lapangan kerja  tetapi   juga menciptakan lapangan  usaha  sendiri.

Implementasi kebijakan  Prakerin ini dikukuhkan  oleh keputusan  Menteri   Pendidikan  dan  Kebudayaan No. 080/II/1993 BAB IV butir C-1 jo PP No. VII Pasal 8 ayat 2 yang intinya berisi bahwa kelompok  mata pelajaran  kejuruan dan keahlian sepenuhnya dilaksanakan di masyarakat dan di dunia usaha.

 

Oleh karenanya telah menjadi tanggungjawab instansi penyelenggara pendidikan kejuruan seperti SMK, khususnya SMK Negeri 1 Keerom  dalam  menciptakan  siswa  menjadi  tenaga  kerja yang professional yang siap  pakai dan  mandiri. Dengan  cara demikian, kegiatan Prakerin tersebut dapat merupakan  bagian  dari kurikulum  pendidikan yang artinya setiap siswa SMK N 1 Kersana mengikuti  kegiatan prakerin yang dilaksanakan di dunia  usaha dan industry.

 

1.2 TUJUAN MANFAAT

       Tujuan  dan  Manfaat  Prakerin :

Ø Memperkenalkan dunia usaha, serta melatih  kedisiplinan

Ø Melatih rasa tanggungjawab  atas  pekerjaannya

Ø Menumbuh  kembangkan  sikap  profesional yang dibutuhkan  siswa  dalam memasuki  lapangan  dunia  kerja  nantinya.

Ø Meningkatkan  pengetahuan  pada  aspek-aspek  industri yang professional dalam lapangan  kerja, antara lain: struktur  organisasi, asosiasi  industri, dan jenjang   manajemen  industri.

Ø Memperluas  pandangan  siswa  terhadap  jenis  kerja yang ada di bidang  bersangkutan  atau  tempat  praktek  dengan  segala persyaratannya.

Ø Berusaha keras  dengan  ketepatan  dan  kecepatan  guna     mencapai standar  perusahaan atau  industri.

Ø Memberi  peluang  masuk  atau penempatan  bagi  tamatan  dan  kerjasama  dengan tempat  prakerin.

Ø Meningkatkan, memperluas dan  memantapkan  keterampilan  bagi siswa    sebagai  bekal  dalam  memasuki  lapangan  kerja yang sesuai  dengan  bidang  keahlian

 

1.3 LOKASI,WAKTU,DAN TEMPAT PRAKERIN.

 

1.3.1.  Waktu

 

Waktu  dilaksanakannya  prakerin adalah  18 juli sampai dengan   17 November 2022.

 

1.3.2. Tempat

Tempat dilaksanakannya prakerin adalah di percetakan (ARI ART DIGITAL PRINTING)

 

1.3.4. Lokasi

            Alamat : Jalan Garuda Arso II, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua

 

 

 
                                           BAB II

GAMBARAN UMUM

 

2.1 SEJARAH ORGANISASI PERUSAHAAN

        Secara harfiah ari art berdiri sejak tahun 2007 di saat Era digital di dunia percetakan belum masuk di papua Terkhusus wilayah jayapura.awal berdiri masih menggunakan alat” sederhana yang manual,saat  pertama membuka percetakaan manual ari art hanya memilki 1 unit mesin fotocopy manual ,I unit computer di lengkapi printer biasa plus alat alat manual untuk permbuatan spanduk berupa 2 buah screen.

        Seiring perkembangan teknologi pada tahun 2013 percetakan ari art mulai mengikuti kecanggihan teknologi,dengan mendatangkan bebarapa unit mesin cetak mencetak berupa 1 unit mesin outdoor,1 unit mesin indoor, 1 unit mesin laminasi roll,dan penambahan 2 unit mesin fotocopy otomatis serta dilengkapi 5 unit computer beserta printer masing” menyesuakan jumlah computer

        Di tahun 2013 pula percetakan ari art berubah nama menjadi ARI ART DIGITAL PRINTING di bawah naungan CV.ARI ART DIGITAL PRINTING.pada 2014 tepatnya bulan maret ari art melebarkan sayapnya dengan membuka satu cabang di wilayah kabupaten keerom,dan masih bertahan hingga sekarang

        Adapun moto ARI ART digital printing adalah TERBAIK DALAM MUTU DAN KREATIFITAS,akan selalu hadir di tengah” masyarakat untuk selalu memberikan yang terbaik,2 tahun berselang ARI ART DIGITAL PRINTING kembali membuka cabang kedua di SENTANI

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.2 STRUKTUR ORGANISASI

 



            DIREKTUR

   ABDULLAH RIDWAN

 

 
 


    

 
















          MANEGER

            AMES A'R

 

 








 

 

 

 

 

 

 









     PRODUCTION

        MUSA A

I

 

          ADMIN

    NADA,JULIANA

 

 

      DESAINER

     AHMAD A.W

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


2.3 VISI,MISI,DAN TUJUAN ORGANISASI  PERUSAHAAN

2.3.1 .VISI

·       Akan menjadi peretakaan yang terbaik di wilayah Kabupaten keerom hingga di luar kabupaten keerom.

 

2.3.2. MISI

·       Memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat dalam bidang percetakan.

 

2.3.3. TUJUAN ORGANISASI/PERUSAHAAN

·       Tujuan ARI ART DIGITAL PRINTING adalah menjadi suatu perusahaan jasa percetakan dan spanduk yang dapat membantu masyarakat sekitar.


 

                                           BAB III

                                                    KAJIAN TEORI

3.1. Pengertian Percetakan

Percetakan adalah sebuah proses industri untuk memproduksi secara massal tulisan dan gambar, terutama dengan tinta di atas kertas menggunakan sebuah mesin cetak. Dia merupakan sebuah bagian penting dalam penerbitan dan percetakan transaksi.

Banyak buku, koran, brosur, flyer dan majalah sekarang ini biasanya dicetak menggunakan teknik percetakan offset. Image yang akan dicetak di print di atas film lalu di transfer ke plat cetak. Warna-warna bisa didapatkan dengan menimpakan beberapa pola warna dari setiap pelat offset sekaligus. Teknik percetakan umum lainnya termasuk cetak relief, sablon, rotogravure, dan percetakan berbasis digital seperti pita jarum, inkjet, dan laser. Dikenal pula teknik cetak poly untuk pemberian kesan emas dan perak ke atas permukaan dan cetak emboss untuk memberikan kesan menonjol kepada kertas.

3.2. Pengertian Desain Grafis

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain)

3.3. Software CorelDRAW

CorelDRAW adalah sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

Kegunaan aplikasi CorelDRAW:

A. Menciptakan desain logo atau simbol, yang mana ini adalah kegunaan Corel Draw yang paling banyak dimanfaatkan oleh penggunanya, terutama pembuatan logo dua dimensi karena kemudahannya dalam mengolah garis dan warna.

B. Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain juga menjadi suatu kegunaan  sebagai alat untuk mendesain. Corel Draw memiliki banyak jenis font yang dapat memudahkan desainer untuk mengeksplorasi imajinasi desain dan tulisan yang akan dibuat.

C.  Membuat cover buku juga dapat dilakukan di Corel Draw. Dengan Corel Draw maka tugas desain akan menjadi mudah karena dapat memanfaatkan desain sampul dan teknik pewarnaan yang lebih sempurna oleh Corel Draw. Detail gambar pun akan terlihat lebih jelas.

D. Pembuatan gambar ilustrasi juga dapat dilakukan dengan Corel Draw. Gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh dijamin sangat akurat.

 

3.4. Software Adobe Photoshop

Photoshop adalah software yang digunakan untuk memodifikasi gambar atau foto secara profesional baik meliputi modifikasi obyek yang sederhana maupun yang sulit sekalipun. Photoshop merupakan salah satu software yang berguna untuk mengolah gambar berbasis bitmap, yang mempunyai tool dan efek yang lengkap sehingga dapat menghasilkan gambar atau foto yang berkualitas tinggi. Kelengkapan fitur yang ada di dalam Photoshop inilah yang akhirnya membuat software ini banyak digunakan oleh desainer grafis profesional.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB IV

                                    PELAKSANAN PRAKTIK KERJA INDSTRI

4.1.SUMBER DAYA YANG TERSEDIA

    Sumber daya yang tersedia adalah

·       2 unit computer

·       1 unit alat cetak spanduk (INFINITI)

·       1 unit alat cetak stempel

·       berbagai macam  alat bahan” ATK

·       alat sablon & name tag

Adapula sumber daya yang lainnya contohnya manusia yang ahli dalam percetakan, mendesain dan membuat stempel dan ahli dalam membuat berbagai macam yang berhubungan dengan computer dan percetakan

 

4.2. PROSEDUR PEMELIHARAAN  PERALATAN

     Prosedur pemeliharaan peralatan yaitu suatu kegiatan yang bersangkutan dengan merawat dan membersihkan alat” dalam tempat prakerin contohnya yaitu:

·       Membersihkan head/tinta pada mesin cetak

·       Mengganti tinta

·       Membersihkan tempat pkl

·       dll

 

 

4.3.HASIL PENGAMATAN

     Hasil pengamatan saya terhadap  perusahaan ini ada pro dan kontra,perusahaan ini sangat memenuhi kriteria sebagai percetakan yang memenuhi standar kwalitas ,perusahaan ini sangat menekan tinggi kedisiplinan dan loyalitas,,terdapat kendala yaitu kurangnya tenaga ahli dan membutuhkan tenaga kerja yang lebih dengan bertujan meningkatkan pelayanan dalam berbagai bidang, perusahaan ini memiliki kelemahan dalam mengatasi banyaknya pesan spanduk dengan kualitas mesin yang masih terbatas dalam segi waktu.

4.4.PEMECAHAN  MASALAH

     Pemecahan masalah yang harus dilakukan untuk menutupi kekurangan kekurangan tersebut dengan cara mencari karyawan tambahan / SDM yang mempunyai keahlihan yang sama dengan karyawan lainnya agar pekerjaan yang dilakukan lebih singkat dan cepat tanpa mengurangi moto dan kualitas hasil produksi perusahan itu sendiri dan penambahan kualitas mesin yang sampai saat ini masih cukup terbatas di bandingkan perusahaan pusat.

   


 

                                           BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

5.1.KESIMPULAN

      Kesimpulannya yaitu Secara umum, kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) yang Penulis lakukan di ARI ART telah terlaksana dengan baik. Dari hasil Praktik Kerja Lapangan yang telah dilaksanakan, maka dapat diambil beberapa kesimpulan dari kegiatan PKL ini yaitu: ss

1. Memberikan pengalaman secara langsung kepada siswa dalam mempersiapkan diri untuk dunia kerja yang sesungguhnya.

2. Menambah pengalaman kepada siswa dalam bidang animasi untuk mengembangkan kompetensi yang harus dimiliki.

3. siswa mendapatkan kesempatan untuk menerapkan ilmu, pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari di dalam kehidupan nyata di tempat PKL.

4. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengenal serta belajar tentang pekerjaan dan tempat praktik kerja dengan segala permasalahannya untuk dapat memberikan solusi.

 5. Meningkatkan hubungan baik antara siswa pkl dengan tempat praktik kerja.

5.2.SARAN

      1. Untuk siswa

a. Sebelum melaksanakan praktik kerja, diharapkan siswa untuk dapat mempersiapkan bekal pengetahuan yang berkaitan dengan tempat praktik kerja dengan sebaik mungkin karena sangat berpengaruh dengan keberlangsungan pkl .

b.  diharapkan dapat menjalin hubungan yang baik dengan pihak Instansi/perusahaan selama berlangsungnya praktik kerja.

c. Diharapkan untuk dapat meningkatkan komunikasi dengan  pembimbing agar segala sesuatu yang dilaksanakan selama kegiatan PKL yang berlangsung dapat berjalan dengan baik dan memberikan hasil yang maksimal.

     2. Untuk Instansi/perusahaan

a. Pihak sekolah atau tempat praktik kerja hendaknya memberikan bimbingan maksimal dan pendampingan terhadap pelaksanaan program.

b. Instansi/perusahaan mampu mengkritisi atau memberikan masukan secara langsung dan sportif kepada siswa pkl.

c. Diharapkan dapat menerima saran yang diberikan oleh mahasiswa PKL untuk instansi/perusahaan.

d. Hubungan yang telah terjalin antara pihak Perguruan Tinggi dengan pihak instansi/perusahaan hendaknya dapat lebih ditingkatkan dan dapat memberikan umpan balik satu sama lain.


                                    DAFTAR PUSTAKA

 

NUR HALIZA HASANA, 2022. Web Design dengan misrosoft word. jayapura : ariart

SMK NEGERI 1 KEEROM, 2022. Pedoman Pelaksanaan dan Penyusunan Laporan Praktik Kerja Lapangan (PKL). PAPUA : JURUSAN MULTIMEDIA, SMK NEGERI 1 KEEROM

Wikipedia, Pengertian percetakan, https://id.wikipedia.org/wiki/Percetakan

Sekolah Jurnalistik Multimedia, 2016 Pengertian desain grafis, http://www.sjm.sch.id/p/desain-grafis-adalah-suatu-bentuk.html

Vicky, 2012 Pengertian dan kegunaan CorelDraw, http://belajar-komputer-mu.com/pengertian-dan-kegunaan-program-corel-draw/

Irvan Muhammad, 2012 Pengertian dan fungsi Photoshop, http://muhamad-irvansah.blogspot.co.id/2012/11/pengertian-dan-fungsi-photoshop.html

No comments:

Post a Comment