Sunday, August 13, 2023

Manfaat Atau Khasiat Buah Salak


 Manfaat Buah Salak untuk Diet, Kurangi Penumpukan Lemak - Official  Astronauts Blog

Manfaat Atau Khasiat Buah Salak

          Di balik kulitnya yang bersisik, salak memiliki beragam khasiat bagi kesehatan. Manfaatnya dapat diperoleh karena buah satu ini tidak hanya mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi, tapi juga beragam vitamin dan mineral penting seperti vitamin B2, vitamin C, kalium, kalsium, fosfor, folat, dan zat besi.

Manfaat salak bagi kesehatan ada beragam. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1.    Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

          Konsumsi salak diketahui bisa meningkatkan imunitas tubuh. Manfaat salak ini dapat diperoleh karena kandungan vitamin C di dalamnya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai macam infeksi.

2.    Mencerahkan Kulit

          Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak salak dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk mencerahkan kulit berkat kandungan vitamin C dan antioksidan di dalamnya. Senyawa flavonoid dalam ekstrak buah ini juga terbukti efektif menekan produksi melanin, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar krim pemutih kulit.

3.    Menjaga Kesehatan Mata

         Beta karoten di dalam buah salak juga membawa manfaat bagi kesehatan mata. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi makanan yang kaya akan kandungan beta karoten, seperti salak, bisa mengurangi risiko terkena penyakit katarak dan rabun senja.

4.    Mengontrol Kadar Asam Urat

          Manfaat salak berikutnya adalah mengontrol kadar asam urat. Penelitian menunjukkan bahwa salak mengandung senyawa yang mampu menghambat enzim xanthin oksidase yang berperan memproduksi asam urat. Bahkan, manfaat ini diduga bisa setara dengan obat asam urat.

     Kandungan Buah Salak

          Setelah banyaknya manfaat buah salak yang disebutkan sebelumnya, Anda mungkin mempertanyakan apa saja kandungan nutrisi dari buah salak. Kandungannya yaitu:

Komposisi kimia dalam 100 g daging buah salak:

1.    Kalori (77.0 kal)

2.    Protein (0.40 g)

3.    Karbohidrat (20.90 g)

4.    Kalsium (28.00 mg)

5.    Fosfor (18.00 mg)

6.    Zat Besi (4.20 mg)

7.    Vitamin B (0.04 mg)

8.    Vitamin C (2.00 mg)

9.    Air (78.00 mg)

     Morfologi Buah Salak

          Pengelompokan dan klasifikasi dari tanaman salak secara ilmiah adalah sebagai berikut

Kingdom : Plantae

Sub Kingdom : Trachebionta

Super Divisi : Spermatophyta

Divisi : Magnoliophyta

Kelas : Lilopsida

Sub Kelas : Arecidae

Ordo : Arecales

Famili : Areceae

Genus : Salacca

Spesies : Salacca zalacca

     Habitat Buah Salak

          Tanaman salak merupakan tanaman yang tumbuh baik di dataran rendah hingga ketinggian 500 m di atas permukaan laut, dengan tipe iklim tropis maupun sub-tropis. Pada kondisi lingkungan yang sesuai, pohon salak akan berbuah pada umur 3 tahun. Tanaman salak muda/ tuna muda salak lebih senang tumbuh di tempat yang teduh. Umumnya, salak muda atau bibit salak ditanam di bawah tempat yang banyak pohon rindang di atasnya.

No comments:

Post a Comment