Wednesday, August 2, 2023

MAKALAH SISTEM REM TROMOL DAN CAKRAM

 

MAKALAH

SISTEM REM TROMOL DAN CAKRAM

 




 

 

 

Oleh

Muhammad Ryan Fahrezy

 

 

 

 

 

 

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

SMK NEGERI 1 KEEROM

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

 

Jln. Garuda, Kampung Yuwanain, Arso 2

 

 KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa penulis dapat menyelesaikan tugas pembuatan makalah yang berjudul “Rem Tromol dan RemCakram pada Mobil”.

Dalam pembuatan makalah ini, penulis mendapat bantuan dari berbagai pihak,maka pada kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnyakepada semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu yang membantu pembuatan makalah ini.

Akhir kata semoga makalah ini bisa bermanfaat bagi pembaca pada umumnyadan penulis pada khususnya. Penulis menyadari bahwa dalam pembuatan makalahini masih jauh dari sempurna, untuk itu penulis menerima saran dan kritik yang bersifat membangun demi perbaikan kearah kesempurnaan. Akhir kata penulis sampaikan terimakasih.

 

 

 

 

Keerom,24 Mei 2023

 

 

                                                                                                                                     Penulis

Muhammad Ryan Fahrezy

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

i

DAFTAR ISI

 

Kata pengantar  ..................................................................................................                                                                                                                                                           i

Daftar isi   ............................................................................................................ .......................................................................................................................... ii

 

BAB I Pendahuluan   ............................................................................................... .............................................................................................................................. ............................................................................................................................. 1

Latar belakang   ................................................................................................... ............................................................................................................................ .......................................................................................................................... 1

Rumusan masalah   ............................................................................................. ............................................................................................................................ .......................................................................................................................... 1

 

BAB II PEMBAHASAN   .......................................................................................... ............................................................................................................................ .......................................................................................................................... 2

2.1      Rem Tromol   .............................................................................................            ................................................................................................................. 2

           2.1.1     Bagian bagian rem tromol dan fungsinya  .......................................                           2  

2.2      Rem Cakram   ............................................................................................                           5

           2.2.1     Bagian bagian rem cakram dan fungsinya   ......................................                           5

2.3      Perbandingan Antara rem tromol dan rem cakram   ....................................                           9

 

BAB III PENUTUP   ................................................................................................ ............................................................................................................................ ........................................................................................................................ 10

3.1      Kesimpulan   ..............................................................................................            ............................................................................................................... 10

3.2      Saran   .......................................................................................................            ............................................................................................................... 10

 

DAFTAR PUSTAKA   ............................................................................................... ............................................................................................................................ ........................................................................................................................ 11

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ii

BAB I

PENDAHULUAN

1.1         LATAR BELAKANG

Rem mempunyai peranan yang sangat penting dalam teknik kendaraan danteknik transportasi demi keamaan dan keselamatan dalam berkendara.Pada dasarnya rem mempunyai fungsi untuk memperlambat dan mengaturgerakan suatu putaran. Adapun rem yang digunakan harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut (dapat bekerja dengan baik dan cepat, dapat dipercayadan mempunyai daya tekan yang cukup, mudah diperiksa dan disetel).

Walaupun sistem rem itu sangatlah penting, namun banyak diantaramasyarakat umum yang belum memahami dan mengerti fungsi, cara kerja dan jenis-jenis dari rem tersebut. Oleh karena itu penulis membuat makalah ini bertujuan untuk memperkenalkan fungsi, cara kerja, dan jenis-jenis dari rem itusendiri. Dengan adanya makalah ini diharapkan kita bisa lebih mengenal fungsi,cara kerja dan jenis-jenis rem serta bisa menambah dan memperluas wawasankita terutama mengenai sistem rem.

 1.2        RUMUSAN MASALAH

      Beberapa permasalah yang diangkat dalam penulisan makalah ini adalah

1.Jelaskan Pengertian Rem Tromol?

2.Jelaskan Pengertian Rem cakram?

3.Bagaimana Perbandingan antara Rem Tromol dan Rem Cakram

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1

BAB II

PEMBAHASAN

2.1         REM TROMOL

Rem tromol adalah sistem pengereman pada kendaraan, yang menggunakan metode gesekan antara kampas dengan sebuah komponen berbentuk mangkuk. Dengan pengertian lain bahwa rem tromol adalah sistem rem pada mobil yang menggunakan tromol atau drum brake untuk menghentikan laju kendaraan dan sekaligus berfungsi sebagai parking brake atau rem parkir. Perbedaannya dengan rem cakram ada pada arah gesekan.

Rem cakram memiliki arah gesekan yang saling mendekati (menjepit), sehingga pada rem cakram piringan terdapat ditengah dua kampas. Namun pada rem tromol, arah gesekan saling menjauhi. Sehingga tromol yang terhubung dengan roda diletakan disisi luar dari dua kampas rem.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.1.1         Adapun bagian- bagian utama rem tromol

1)     




Silinder Roda (whee

 

 

2

Fungsi silinder roda, Yakni untuk menggerakan sepatu rem untuk bergerak menekan tromol rem. Benhtuk silinder roda, seperti sebuah silinder yang memiliki dua buah piston pada dua ujungnya. Didalam silinder ini, terisi cairan hidrolik yang akan menggerakan piston ke luar. Saat piston

terdorong oleh cairan hidrolik maka kampas rem akan ikut bergerak ke arah luar. Sehingga penekanan kampas rem terhadap tromol bisa terjadi.

2)     




Sepatu rem ( brake shoe)

 

Brake shoe atau septu rem yang berfungsi untuk menekan tromol rem sehingga terjadi proses pengereman. Sepatu rem pada rem tromol berjumlah dua buah dan terpasang di backing plate dan dikunci oleh pegas pemegang sepatu rem. Karena sepatu rem terpasang pada backing plate, maka sepatu rem tidak akan ikut berputar bersama-sama dengan roda.

 

3)      Drum brake




Drum brake atau tromol rem merupakan bagian yang berputar bersama-sama dengan roda. Tromol rem berbentuk lingkaran tabung dan konsentris dengan poros. Jika tromol rem tidak lingkaran sempurna dan nonkonsentris dengan poros maka ketika pedal rem diinjak maka akan terasa bergetar.

 

 

 

 

3

4)     




Pegas Pemegang Sepatu Rem

 

Pegas pemegang sepatu rem berfungsi untuk menahan sepatu rem agar tetap berada pada posisinya. Pegas pemegang sepatu rem ini memegang sepatu rem terhadap backing plate. 7. Pegas Pengembali Sepatu Rem.

Pegas pengembali sepatu rem merupakan pegas tipe coil spring yang menghubungkan antara sepatu rem dengan dudukan stasionernya atau dari sepatu rem ke sepatu rem lainnya. Pegas pengembali sepatu rem berfungsi untuk mengembalikan posisi sepatu rem ke posisi semula setelah pedal rem dilepas.

 

5)     




Anti Rattle Spring

 

Anti-rattle spring atau pegas anti betar yang digunakan pada rem tromol berfungsi untuk mengurangi getaran dan suara mengeklik. Caranya yaitu dengan memberikan sedikit tegangan pegas diantara dua bagian. Tegangan ini akan menghilangkan kelonggaran yang terjadi dan akan menjaga dari kekocakkan komponen antara satu dengan lainnya.

 

 

4

6)     




Unit Penyetel

Hampir semua tipe rem tromol menggunakan unit penyetel (adjuster) berbentuk roda bintang (bergerigi). Unit penyetel ini berfungsi untuk menyetel celah sepatu rem dengan tromol.

 




2.2         REM CAKRAM

Rem cakram atau disc brake adalah salah satu sistem pengereman mobil yang konsep kerjanya memanfaatkan komponen tambahan berupa disc rotor atau piringan yang akan dijepitkan oleh dua buah Kanvas rem, agar bisa memperlambat putaran ban.

2.2.1     Bagian bagian rem cakram dan fungsinya          

1)     




Kaliper Rem

5

Kaliper rem atau caliper adalah salah satu komponen yang penting dalam rem cakram pada mobil. Karena kaliper akan melakukan gerakan yang mekanis guna menjepit kampas rem di bagian piringan cakram. Kaliper juga sering disebut sebagai penopang kampas rem beserta piston brake.

Kaliper rem akan bekerja dengan menggunakan tekanan hidrolik yang dihasilkan dari ubahan tekanan minyak rem yang masuk melalui selang atau kabel rem. Setidaknya ada 2 tipe kaliper rem yang perlu diketahui yaitu kaliper jenis floating dan fixed.

2)     




Kampas Rem

 

Kampas rem, pad rem, atau brake pads adalah salah satu komponen dalam rem cakram yang berfungsi untuk melakukan penekanan pada bagian piringan cakram, sehingga mampu memberikan daya gesek untuk menghentikan putaran dari rem cakram.

3)     




Piringan Cakram

Piringan cakram atau disc brake adalah komponen rem cakram yang akan langsung terhubung dengan poros as roda yang akan berputar dengan mengikuti putaran dari roda. Komponen rem cakram ini menjadi bagian inti dari rem cakram mobil.

Piringan cakram akan berfungsi sebagai media yang akan dijepit atau ditekan oleh kampas rem, sehingga munculah proses pengereman pada mobil. Bahan yang biasanya dipakai dalam piringan cakram yaitu besi cor.

4)     




Caliper bracket

Caliper bracket atau brake support caliper memang tidak bisa dilepaskan dari satuan rem cakram mobil, karena caliper bracket berguna sebagai tempat untuk memasangkan caliper dan hal ini akan membuat caliper berada pada tempatnya, sehingga tidak akan bergerak.

6

5)     
 Piston Brake

Gambar piston brake

 Piston brake posisinya berada di dalam caliper yang bentuknya menyerupai tabung dengan ujung desain yang groove atau coakan. Piston brake berfungsi untuk menekan atau mendorong bagian kampas rem ke piringan cakram, agar putaran roda bisa lebih rendah atau berhenti.

6)     




Seal Piston

Seal Piston Gambar komponen rem cakram, seal piston

Seal piston adalah salah satu bagian piston yang terbuat dari minyak rem, sehingga memiliki sifat yang tahan terhadap panas. Seal piston berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran minyak rem yang bisa mengalir pada saat tuas rem sedang diinjak. Seal piston dapat membantu menarik piston supaya kembali mundur saat proses pengereman.

7)     




Master Silinder

Master Silinder Gambar komponen rem cakram, master silinder

Master silinder akan bekerja dengan mengubah gerakan mekanis pada bagian pedal rem menjadi tekanan hidrolik. Master silinder memiliki komponen sistem yang langsung terhubung dengan pedal rem dan dari piston lah akan terjadi penekanan pada fluida atau minyak rem. Ada 2 tipe master silinder yang populer di Indonesia yaitu master silinder tipe tandem dengan tipe tunggal.

 

 

 

 

 

 

7

8)      Reservoir Tank




Reservoir Tank Gambar komponen rem cakram, reservoir tank

Reservoir tank adalah komponen rem cakram yang berfungsi untuk menampung minyak rem cadangan yang biasanya terpasang secara menyatu dengan bagian master silinder. Pada bagian tabungnya juga sudah terpasang sebuah sensor untuk mendeteksi tingkat ketinggian volume minyak rem.

9)     




Brake Fluid

Brake Fluid Gambar komponen rem cakram, brake fluid

Dalam kondisi yang normal, maka volume dari minyak rem harusnya tidak akan berkurang dan saat berkurang berarti ada sebuah kebocoran. Minyak rem juga tidak akan memiliki kinerja yang optimal, apabila kondisinya sudah kotor.

Brake fluid atau minyak rem berfungsi sebagai media penghantar yang mampu menghasilkan tenaga dorong dari pedal rem ke bagian caliper, hal ini akan membuat kampas rem menjepit bagian piringan cakram.

10)  
Booster Rem

Booster Rem Gambar komponen rem cakram, booster

Booster rem adalah komponen rem cakram yang terbuat dari membran yang terhubung dengan  intake manifold. Booster rem berfungsi sebagai assist yang bisa membantu meringankan tenaga penekanan pedal rem, tanpa harus mengurangi daya pengereman

 

8

11)  
Selang Hidrolik

Selang Hidrolik Gambar komponen rem cakram, selang hidrolik

Selang hidrolik merupakan salah satu komponen inti yang ada dalam rem cakram, karena selang hidrolik akan melakukan distribusi minyak rem ke berbagai caliper rem dengan tekanan hidrolik yang berlangsung.

12)  
Pedal Rem

Pedal Rem Gambar komponen rem cakram, pedal

Pedal rem adalah komponen rem cakram yang berfungsi untuk membantu mengaktifkan sistem pengereman sebuah kendaraan. Pada umumnya, pedal rem dibuat dengan lengan atau tuas yang panjang dan gunanya untuk menyesuaikan kebutuhan pengereman para pengemudi.

 

2.3         PERBANDINGAN ANTARA REM TROMOL DAN REM CAKRAM

Pada dasarnya, rem cakram bekerja dengan cara menggenggam piringan yang berputar. Sementara rem tromol menggunakan sepasang kampas rem yang bergesekan dengan permukaan drum saat pedal rem diinjak.

Rem cakram unggul karena desainnya yang cenderung lebih terbuka dibandingkan rem tromol. Desain ini membuat proses pendinginan rem, baik piringan maupun kampas rem, lebih optimal dan cepat. Karena itu rem cakram kerap digunakan untuk roda depan mobil atau motor. Hal ini dilakukan karena rem depan kendaraan bekerja lebih keras, terutama saat kendaraan berada di kecepatan tinggi.

Sementara untuk rem tromol, keunggulan berada di daya pengereman yang lebih kuat, lantaran kampas rem di dalamnya lebih besar dibanding rem cakram. Hal ini membuat rem tromol cocok untuk roda belakang, sekaligus sebagai rem parkir.

 

9

BAB III

PENUTUP

 

3.1         KESIMPULAN

Dengan hasil Analisis Kami dan berdasarkan sunber yang kami dapatkanselama membuat makalah ini bahwa dapat di simpulkan :

“Rem yaitu alat untuk mengurangi kecepatan (memperlambat) dan menghentikan kendaraan atau untuk memungkinkan parkir pada tempat yangmenurun. Peralatan ini sangat penting pada keselamatan dan menjamin untuk pengendaraan yang aman. Rem juga bias diartikan sebagai kebutuhan sangat penting untuk keamanan berkendaraan dan juga dapat berhenti ditempat manapun, dan dalam berbagai kondisi dapat berfungsi dengan baik dan aman”.

3.2         SARAN

Adapun saran-saran yang ingin Kami sampaikan sebagai berikut :

1)      Untuk Keamanan Kontrol selalu Rem pada kendaraan anda.

2)      Jangan Sampai Kanvas Rem Melebihi batas maksimum pemakaian(Kampas rem tipis/tidak layak pakai).

3)      Lakukan Pengontrolan Rutin Pada Rem Anda

4)      Apabila Rem Rusak segera perbaiki karna itu sangat berbahaya

5)      Hati-hati Di Jalan Saat Berkendara.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10

DAFTAR PUSTAKA

 

Ø  Berkendara selamat. 2018. “Cara Kerja Rem Cakram Mobil”, http://selamatberkendara.com/cara-kerja-rem-cakram-tromol.html, diakses pada 23 Mei 2023.

Ø  Sistem rem tromol dan rem cakram https://nur-irfan88.blogspot.co.id/2023/23sistem-remtromol-dan-rem-cakram-pend.h

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11

No comments:

Post a Comment