Thursday, September 22, 2016

MAKALAH INSTRUMEN MUSIK



MAKALAH INSTRUMEN MUSIK

DITIUP DAN DIGESEK
Alat musik merupakan sebuah instrumen yang dibuat dan di modifikasi dengan tujuan menghasilkan musik yang indah. Pada intinya, segala sesuatu yang menghasilkan suara dan dengan cara tertentu dapat diatur, bisa disebut alat musik.
Alat Musik Gesek
 Alat musik gesek adalah instrumen musik yang dimainkan dengan cara digesek. Alat musik ini akan menghasilkan suatu bunyi melodis jika terjadi gesekan antara dawai dan busurnya. Beberapa contoh alat musik ini misalnya biola, contre bass, viola, cello, dan alat musik tradisional rebab. Berikut pemaparan dan gambar dari beberapa alat musik tersebut.

1.    Biola
Biola merupakan Alat musik gesek pertama yang tentu sudah tidak asing lagi bagi kita adalah biola. Biola merupakan alat musik modern yang lazim dimainkan dalam pertunjukan musik orkestra, jazz, pop, dan musik melayu. Alat musik ini memiliki 4 dawai yang diatur sedemikian rupa sehingga memiliki interval nada yang sempurna ketika digesek. Para pemain biola umumnya adalah wanita. Mereka dikenal dengan sebutan violinist.


 







Tips Belajar Memainkan Biola Dengan Benar
a)      Kencangkan bow / busur (alat penggesek senar biola)
·         Rambut (bulu) pada bow biasanya dibiarkan lemas jika tidak dipakai. Karena itu, anda harus mengencangkannya terlebih dahulu sebelum dipakai. Caranya adalah dengan memutar skrup yang ada pada bagian ujung bow. Putar hingga tercipta jarak antara rambut dengan tangkai bow kira-kira selebar lingkaran pensil.
·         Jangan gunakan jari kelingking anda untuk mengukur, karena minyak alami pada kulit jari bisa berpindah ke rambut bow. Rambut bow harus tetap kering bebas minyak untuk menghasilkan suara yang baik.
b)     Gosok rambut bow dengan rosin (damar)
·         Rosin biasa terdiri dari dua jenis, yaitu yang berwarna gelap dan berwarna cerah. Dua-duanya sama saja dan bisa digunakan. Tujuan menggosok rambut bow dengan rosin ini adalah agar rambut bow menjadi sedikit lengket dan dapat mencengkeram senar biola saat digesekan.
·         Gosok rambut bow dengan rosin secara lembut dari ujung ke ujung. Cukup lakukan 3 sampai 4 kali saja, karena jika terlalu banyak, maka rambut bow bisa menjadi sangat lengket dan terlalu kuat mencengkeram senar biola. Ini akan menghasilkan suara yang terlalu nyaring dan menusuk telinga.
c)      Menyetem senar biola
·         Setiap akan memainkan biola, anda perlu menyetem senar biola agar menghasilkan nada yang benar dan sesuai. Urutan nada pada senar biola mulai dari nada terendah hingga yang tertinggi adalah G - D - A - E.
·         Anda dapat menggunakan tuner listrik ataupun peluit nada untuk membantu menyetem senar biola. Putar pasak tuning yang berada pada ujung leher biola hingga anda mendapatkan nada yang tepat.
d)     Cara memegang bow (tongkat gesek)
·         Letakkan bagian tengah jari telunjuk pada pegangan tongkat (pada bagian yang sedikit empuk) dan jari jempol untuk menahannya pada arah yang berlawanan. Sedangkan posisi jari tengah hingga kelingking adalah sejajar dengan jari telunjuk, dengan posisi jari kelingking agak sedikit melengkung.
·         Pegang bow dengan santai sehingga sedikit fleksibel ketika digunakan untuk menggesek senar biola. Jangan terlalu ketat dan kaku.
e)      Cara memegang biola
·         Berdiri atau duduklah dengan posisi punggung lurus. Pegang leher biola dengan tangan kiri dan letakkan pantat biola pada tulang bahu dan menempel ke leher anda.
·         Jepit biola dengan tulang rahang anda (bukan tulang dagu). Fungsinya agar posisi biola bisa stabil dan tidak meleset.
f)       Sempurnakan posisi tangan
·         Untuk tangan kiri yang memegang biola, anda harus memposisikan telapak tangan sedikit dibawah dagu, sehingga posisi biola lurus dan sejajar.
·         Untuk tangan kanan yang memegang bow, sebagai pemula anda harus memulai dengan mengangkat tangan setinggi mungkin untuk memudahkan anda menggesek senar biola dari yang nada terendah hingga senar dengan nada tertinggi. Dengan berjalannya waktu, anda akan mendapatkan posisi tangan yang benar-benar nyaman.
g)      Mulailah belajar menggesek senar biola
·         Mulai dengan menggesek senar dalam keadaan loss (tidak dipencet). Gesek panjang, kemudian pendek. Gesek dengan tekanan, kemudian dengan lembut. Ini akan membiasakan telinga dan tangan anda untuk mendapatkan tekanan suara yang sesuai.
·         Setelah itu anda dapat melatih memainkan nada do-re-mi-fa-sol-la-si pada setiap senar maupun antara senar. Untuk lebih melengkapi cara pembelajaran anda memainkan biola,
2.    Contre Bass atau Double Bass.
Contre bass atau double bass adalah biola berukuran besar yang pada umumnya dimainkan pada pertunjukan musik jazz, orkestra, musik bluegrass, country, dan musik rockabilly. Sesuai dengan namanya, alat musik gesek satu ini juga menghasilkan nada-nada rendah saat dimainkan. Selain digesek, ia kadang kali juga dibunyikan dengan cara dipetik. Di Indonesia, alat musik satu ini memang tidak begitu dikenal, namun di negara-negara Latin dan Eropa, ia selalu dimainkan mengiringi setiap pertunjukan musik.


Alat Musik Gesek
 







Cara memainkan contrabass ada 2, yaitu digesek dan dipetik. Bermain dengan gesek sama caranya seperti bermain biola biasa. Jika dipetik, caranya sama seperti bermain gitar bass, dalam hal ini biasa disebut pizzicato untuk cara bermain petikan bagi keluarga violin.
            Walau contrabass lebih identik dengan orchestra daripada band, banyak bassist band yang bisa bermain contrabass mencoba memainkannya di lagu-lagu tertentu biasanya lagu bertempo lambat dan bersuasana akustik.

3.    Viola.
Viola adalah alat musik yang termasuk dalam keluarga biola. Banyak orang yang menganggap viola sama dengan biola. Namun keduanya sebetulnya berbeda. Perbedaan tersebut terletak pada ukuran dan nada yang dihasilkan. Viola umumnya berukuran lebih kecil dan menghasilkan nada yang lebih berat (rendah) dibandingkan dengan alat musik biola.
 





      


4.    Cello
Cello atau Violoncello juga merupakan alat musik yang masuk dalam keluarga biola. Ia berukuran lebih kecil dibandingkan double bass namun lebih besar dibandingkan biola. Alat musik ini merupakan instrumen yang wajib ada dalam pertunjukan musik klasik Eropa. Sedangkan di Indonesia, ia kurang begitu dikenal karena memang tidak biasa dimainkan dalam pagelaran musik tanah air
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgugCOx-_Ve6Mlxq7SYvuBx86YMtCxnJKmSPAPASKSnD4mygw01eJSDfwWMzJJnHeerBcufg9lKu8TpIAu1k1FtW1mrGyS9vH4QMRlFq-5lUs5eepcYTgJjdqn0Rz5ztKuA5rRerqiHj5M/s1600/Cello-Parts-e1337685837833.jpgBagian – bagian cello







                                                                                            





Posisi badan memainkan cello


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZCB1ugVnTlEflgdlAyDDgTSJqdNg4LJ0vvmmu9elqXpAJofK4XHCAdVWEJmoLNj4QgmR5uD9kbMk3mmcF9y-qkziJhquFnBTMvcYLAQ5H7fkqUsNgeKI1MqGTChrPJm6CQLZfDRRPg_g/s1600/cello_sitting3.gif
 








posisi badan saat memainkan cello di haruskan untuk tegap di usahakan jangan membungkuk . kedua kaki di regangkan dan mengapit badan cello . dengan antara paha dan betis membentuk sudut 90°


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj_ypS-XQxhXvYeJsZ_mTSe7U69xtVhtM63GFdqDvL2hp5B0UgKLb2c0G9bRQdOBOiZ_43mSb9C6y_Ez1XVBGl0O9nFh8-qUzpyTZ9KhuWA4tnFkivHUzScPSE77ezn4nCQbnp5_XhXKEQ/s1600/cello_ink.jpg
 









Posisi yang benar dapat di lihat pada contoh gambar di atas
Posisi tangan kanan memegang bow cello


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhR0UkjD38GeMo-7UDmRtbPw0Zp9260j1mhxdyXVesdOWVvyDtiPUfrfzi39EdXQL145ToW4ZdYGftSYXHn29flWuxQHDldNIklxgmjPftY8MjagPaI9VXam2jgyARIBDUHaM5My_Cw2uA/s1600/resultsCP2.JPG
 




           
  

Gambar di atas menunjukkan cara memegang bow yang baik . dengan ibu jari menekan di bagian belakang pada lekukkan frog atau nut . dan jari yang lain berada di bagian depan dengan jari tengah, jari manis dan jari kelingking ikut menahan frog sedangkan jari telunjuk menahan stick .
Latihan sebelum menggunakan bow

·         Penjarian pada tangan kiri


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSoHsG3aSBAOw6YV9Z-5M0yoJA20LwkAUT_tOyS4kIFU96RARwQjUn0-Qk77wXOP5DSyI7HZmGatwZAmnGkroCUGFE0orfpXLniQgBf-5lB6ynmxoA6f3AAdct41QSmE6IcG8OSoZ94tg/s1600/image003.jpg
 
Ø  Jari telunjuk di lambangkan dengan angka 1
Ø  v Jari tengah di lambangkan dengan angka 2
Ø  v Jari manis di lambangkan dengan angka 3
Ø  v Jari  kelingking di lambangkan dengan angka 4



5.    Rebab
Rebab merupakan contoh alat musik gesek tradisional yang berasal dari jazirah Arab. Alat musik satu ini umumnya akan hadir dalam pertunjukan seni musik Betawi atau gambang kromong serta pertunjukan-pertunjukan kesenian khas Jawa sebagai pelengkap iringan gamelan.

Cara memainkan :
Rebab dimainkan dengan cara :(1) Ngeset kawat (menggeset kawat),(2) Nangkep Kawat (menekan kawat).
(1)   Ngesek kawat (menggesek kawat).
Penggesek Rebab dipegang tepat pada "ganca" (bagian penggal penggesek),kemudian digerakan lambat setengah ditekan ,untuk melahirkan suara panjang dan lembut.
ü  - Diembat, gerakan lambat untuk melahirkan suara    panjang.
ü  http://htmlimg2.scribdassets.com/7sp1y3oeo0iecaf/images/2-7810ed929b.jpgDigolosor,menggesek dengan gerakan lambat setengah  ditekan,untuk melahirkan suara panjang dan lembut..
ü  Dicacag,menggesek dengan dengan gerakan terputus-putus,untuk melahirkan suara yang patah-patah.
ü  Direnghap,meggesek dengan menurut renghapan (nafas antara)juru kawih (vokalis).
ü  Digetet,menggesek gerakan pendek-pendek (mundur maju)untuk melahirkan suara yang tersendat-sendat.
ü  Dikelecer,digesek dengan mengetar,untuk melahirkan suara ngeleter (tremolo).
(2) Nengkep Kawat.
Rebab mempergunakan dua buah kawat,Kawat di sebelah kiri adalah kawat yang bernada "Barang/Da(1)" yang sering sdigesek,sedangkan kawat sebelah kanan bernada "Galimer/Ti(4)" digesek hanya pada lagu-lagu tertentu,yaitu lagu-lagu yang memerlukan nada 2(mi-ngeng),serta serta "ligar"(kedua kawat digesek bersamaan tanpa ditekan/Ditengkep). 
6.    Sasando
Sasando merupakan alat musik tradisional khas pulau Rote, Nusa tenggara Timur. Di pulau Rote, istilah Sasando sering disebut sasandu yang berarti alat yang bergetar atau berbunyi. Cara memainkan alat musik ini dengan dipetik.
Konon, Sasando digunakan di kalangan masyarakat Rote sejak abad ke-7. Sekilas bentuk sasando mirip alat musik petik lainnya, seperti gitar, biola, dan kecapi. Namun, uniknya Sasando memiliki bunyi merdu khas yang berbeda.
Sasando terbuat dari daun lontar dan bambu. Sedangkan dawainya terbuat dari kawat halus seperti senar string. Sasando adalah alat musik tradisional yang perlu dirawat rutin, teman-teman. Setiap lima tahun sekali daun lontar harus diganti, karena daun ini mudah berjamur.

Petunjuk / Cara Memainkan Sasando

Pertama-tama pemain harus mengenal atau menghafal susunan dan tempat nada-nada pada sasando.
Tangan kiri
§  Jari telunjuk tangan kiri bertumpu diatas nada B dalam hal ini nada 7
§  Tiga jari tangan kiri memetik atau memainkan melodi dan bas pada nada-nada D1, C1, G2, F, G, Fis, B, C, D dan seterusnya sampai nada tertinggi.
§  Jari telunjuk bertugas hanya satu nada ialah nada B atau 7.  Selesai jari telunjuk memetik nada B atau 7, jari telunjuk harus cepat bertumpu kembali keatas dawai itu lalu jari tengah dan ibu jari berpindah-pindah memainkan perannya sesuai dengan lagu yang dimainkan.
§  Jari tengah tangan kiri, memerankan nada-nada F, Fis, G, G2, C, bahkan bisa mencapai nada D1 yaitu 4, 4, 5, 5, 1,2 Nada F, Fis, G membunyikan melodi sedang nada C1 G2 dan D1 sebagai pelengkap bas.
§  Ibu jari tangan kiri bertugas pada nada-nada c, d, e, f, dan seterusnya sampai pada nada tertinggi semata-mata memainkan melodi.
§  Ketiga jari tangan kiri ini yang memetik melodi nyanyian dengan jelas, sedang nada C1, G2, dan D1 hanya merupakan pelengkap bas.
Tangan kanan :
Tugas pokok tiga jari tangan kanan untuk memainkan nada-nada pengiring atau irama lagu dan sewaktu-waktu sebagai nada pelengkap melodi dan bas. Ibu jari tangan kanan memerankan nada-nada A,E, D, C.
Nada A selalu sebagai pelengkap melodi dan juga sebagai nada pengiring. Jari telunjuk tangan kanan memerankan nada-nada C, B1, A, sebagai nada pengiring. Jari tengah tangan kanan memerankan nada-nada A1,G1, G1, E, D1, sebagai nada pengiring dan bas.
Gerak tiga jari tangan kanan ini berpindah-pindah. Jarak pindah tidak terlalu besar. Tugas tiga jari ini boleh memetik tiga nada serentak atau berganti-ganti sesuai irama lagu yang dimainkan mengikuti melodi yang dimainkan oleh tiga jari tangan kiri.
Susunan nada-nada paga bagian diatas untuk dapat memainkan nyanyian dengan 2 nada dasar yaitu nada dasar c = do dan nada dasar g = do petunjuk diatas adalah c = do. Untuk memainkan nyanyian dengan nada dasar lain misalnya d = do atau a = do dan lain-lain maka dawai sasando harus di stem kembali. Kunci yang dapat dimainkan adalah C, D, G, F. Accord yang dipakai A, D7, Dm, D, Am, C. G, Em, Dm, C7, F7.
Alat musik tiup adalah suatu alat musik yang mengandung suatu jenis penalun (resonator), biasanya suatu tabung, yang kolom udara di dalamnya digetarkan dengan cara meniup ke atau melalui suatu tempat di ujung penalun. Titinada (pitch) getaran ditentukan oleh panjang tabung dan modifikasi manual panjang efektif kolom getar udara.
Cara memperoleh nada:
·         Mengubah panjang kolom udara getar dengan mengubah panjang efektif tabung dengan menutup atau membuka lubang di sisi tabung. Ini dapat dilakukan dengan menutup lubang dengan jari atau menekan suatu kunci yang akan menutup lubang. Metode ini digunakan oleh hampir semua alat musik tiup kayu (woodwind instrument).
·         Mengubah panjang kolom udara getar dengan mengubah panjang tabung melalui pengaturan katup (lihat katup putar dan katup piston) yang dilewati udara melalui tabung tambahan sehingga meningkatkan panjang keseluruhan tabung, dan menurunkan titinada dasar. Metode ini digunakan oleh hampir semua alat musik logam (brass instrument).
·         Mengubah panjang kolom udara getar dengan memperpanjang tabung menggunakan mekanisme geser. Metode ini digunakan misalnya oleh trombon. Menggetarkan kolom udara pada berbagai harmoni tanpa mengubah panjang kolom udara.
Alat musik tiup dibagi menjadi dua kategori utama:
* Alat musik tiup kayu (woodwind instrument)
* Alat musik tiup logam (brasswind instrument)

1. Klarinet
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi3iH2fVn3horWU_CZMCL0UlLCG6TTG3JdH1N0ofI_iArVSeK_esUw-nozRkQpPAkO8VbB-9m9RNiXxMTGQaDJlxo27tThtFfBuP-xO5vKd6e3H5bEbef1cGPI-66pPqosUjqXZYkRn8VeW/s320/image023.jpg
Dua klarinet sopran: klarinet Bb (atas) dan klarinet A (bawah, tanpa mouthpiece). Keduanya menggunakan keywork
Kali ini saya akan memberikan tips cara meniup Clarinet. Untuk meniup Clarinet dibutuhkan teknik untuk melakukannya.
Ø  Tahap pertama:
Perhatikan posisi mulut. Masukan bibir bagian bawah dan untuk yang atas biasa saja.
Masukan mouthpiece Clarinet dalam posisi bibir seperti diatas. Mouthpiece jangan terlalu masuk ke dalam mulut.
Ø  Tahap kedua :
Kencangkan mulut serta tarik dagu. Sehingga pipi ketika meniup tidak akan menggembung.
Tahap ketiga :
Ketika kita ingin meniup Clarinet hal yang harus diperhatikan adalah posisi kaki tidak boleh dilipat dan badan haruslah tegak. Gunakan pernafasan perut / diafragma untuk meniup Clarinet. Apabila anda meniup dengan pernafasan dada, maka anda akan merasakan pusing dibagian kepala.
Ø  Tiup Clarinet dengan bunyi tuuu..

2. Oboe
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7CCFqvLAmG6e98dcwBPd1eHAOjN6l0QwhNBx3yEpEHsWWqUmNDkFzeNzO790hZ5ObGydgQ_EmPpdzI0W77JLtKEtDQbzsQQvVSPl9zJDLYg7jLdEusDPsyZzwugt56wE5mLLtLb06Z_4C/s320/image024.jpg
Obo adalah alat musik double reed jenis woodwind. Ia adalah keturunan dari shawm. Kata "obo" berasal dari bahasa Perancis hautbois, berarti "high wood". Alat musik ini kadang-kadang masih disebut hautboy dalam bahasa Inggris. Seorang musikus yang memainkan obo disebut obois.
Dibandingkan dengan instrumen woodwind lainnya, obo memiliki suara yang jernih dan melengking. Suara obo dapat terdengar jelas dalam ansambel yang besar sehingga suaranya dapat dengan mudah didengar ketika tuning. Orkestra biasanya melakukan tuning dengan mendengarkan suara obo memainkan A concert (biasanya A440, tapi terkadang lebih tinggi). Obo di-pitch di C concert.





3. Saksofon
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgvTZtwSDfxE1NFOCYflgEcXubYgZTOeBpLDfhdpegCiN2pAfLSFeGVZxAX7ieYi7Mz2_rO_0nJLEswges0FBCBcdrHHGB-oGzOzHg-LbSKV2LqZJnAIA2TIJNefzCGO_iD2R6qRohEB6TO/s320/image027.gif

Saksofon adalah instrumen yang masih tergolong dalam keluarga brasswind. Saksofon biasanya terbuat dari logam dan dimainkan menggunakan single-reed seperti klarinet. Saksofon yang merupakan ciptaan dari Adolphesax pada tahun 1846, umumnya dihubungkan dengan popular music, big band music dan jazz, tapi awalnya ditujukan sebagai instrumen orkestra dan band militer.
Pada saat ini terdapat berbagai macam merk saksofon yang beredar di pasaran seperti; Selmer, Conn, Yamaha, Yanagisawa, L.A.Sax, Jupiter, Lincoln, La Fleur, Weril, Lark dan Subaru.
Pemain saksofon disebut saksofonis.
Beberapa nama pemain saksofonis Indonesia yang terkenal : Embong Rahardjo (alm), Didiek S.S.S, Paulus Cucuripet, Kenny Joe
Beberapa nama pemain saksofonis International Legendaris yang terkenal : Coleman Hawkins,Stanley Turrentine,Zoot Sims,Charlie Parker,Joe Henderson
Beberapa nama pemain saksofonis International masa kini yang terkenal : Kenny G,Dave Koz,Eric Marienthal,Richard Elliot,Sadao Watanabe,Kirk Whalum,Kenny Garrett.
4. Flute
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg8YjXeVTEI89oqPcQ6UlKLGVAPPamvEree9avYU6acJ5HOixAEYeBEgPNQLV9SQvDJJuw6Ui8NQBwsCVBTfhm4ZI4wb3fYwEI_HBQ0gfT6mVtDiFqyLnSsiTUasp4Fnor5l5AMCPFlh6-6/s320/image028.jpg

Flute adalah instrumen musik dari keluarga woodwind. Suara flute berkarakter lembut dan dapat dikombinasikan dengan instrumen lainnya dengan baik. Flute modern untuk profesional umumnya terbuat dari perak, emas atau kombinasi keduanya. Sedangkan flute untuk student umumnya terbuat dari nikel-perak, atau logam yang dilapisi perak.
Flute concert standar di-pitch di C dan mempunyai jangkauan nada 3 oktaf dimulai dari middle C. Akan tetapi, pada beberapa flute untuk profesional ada key tambahan untuk mencapai nada B di bawah middle C. Ini berarti flute merupakan salah satu instrumen orkestra yang tinggi, hanya piccolo yang lebih tinggi lagi dari flute. Piccolo adalah flute kecil yang di-pitch satu oktaf lebih tinggi dari flute concert standar. Piccolo juga umumnya digunakan dalam orkestra.
Flute concert modern memiliki banyak pilihan. Thumb key B-flat (diciptakan dan dirintis oleh Briccialdi) standar. B foot joint, akan tetapi, adalah pilihan ekstra untuk model menengah ke atas dan profesional.
Open-holed flute, juga biasa disebut French Flute (di mana beberapa key memiliki lubang di tengahnya sehingga pemain harus menutupnya dengan jarinya) umum pada pemain tingkat konser. Namun beberapa pemain flute (terutama student, dan bahkan beberapa pemain profesional) memilih closed-hole "plateau" key. Student umumnya menggunakan penutup sementara untuk menutup lubang tersebut sampai mereka berhasil menguasai penempatan jari yang sangat tepat.
Beberapa orang mempercayai bahwa open-hole key mampu menghasilkan proyeksi suara yang lebih keras dan lebih jelas pada nada-nada rendah.
Concert flute disebut juga Boehm flute, atau flute saja.

5. Terompet
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi7ViD9ydYKFBWU6eVSfrGnTsyjKTEdRFAeGOGLGlU_4Yo1nZUoIq022axaPMbePY7upHnjO_QJcScsdJu8Ra04QCQWJyFUkWTWL6r9_Ffbdob-35fyRET4mrgTMp1yPOzOcnh0KaJ1kqO1/s320/image028+S.jpg

Terompet adalah alat musik tiup logam. Terletak pada jajaran tertinggi di antara tuba, eufonium, trombon, sousafon, French horn, dan Bariton. Terompet di-pitch di Bb.
Terompet hanya memiliki tiga tombol, dan pemain trompet harus menyesuaikan embouchure untuk mendapatkan nada yang berbeda. Jenis yang paling umum adalah trompet Bb, tapi trompet C, D, Eb, E, F, G dan A juga dapat ditemukan. Trompet C paling umum dipakai dalam orkestra Amerika, dengan bentuknya yang lebih kecil memberikan suara yang lebih cerah, dan hidup dibandingkan dengan trompet Bb.

6. Trombon
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbUzUhagN1fRyiClkjWJsJZMh-RN5f7SsvC8ObR-2j-ULLBAsZbIIfhQc37QRkydG2zhm6yhLeRjyDGSHU3ACbQMkD2QF4sSUGEZutSEl83iXqz29CKtzO5SLq49lPU3R5ejBu520YxRln/s320/image032.gif

Trombon adalah alat musik tiup logam. Seperti pada alat musik tiup logam lainnya, suara dihasilkan dengan menggetarkan bibir. Kata trombon diambil dari bahasa Itali tromba (terompet) dan -one (akhiran yang berarti besar), maka secara bahasa tulis arti trombon adalah "terompet besar". Karena memang secara ukuran trombon lebih besar daripada terompet. Pemain trombon disebut trombonis.

7. Basson
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiYkN9maCNHZXMC7JGcg2oXLNkYePI_wybSwJ9TNArc2xRZn0if6UcnyZoubTEXOEoIfhJPL-s2jgmHziBjv5cDs0I7qzCtl4DP3QyYp0dDRsFmRK-q89vJcqUhgITvF6pw-O8MowUeBGB6/s320/image035.jpg
Bassoon termasuk keluarga dari kelompok instrumen woodwind. Bassoon memiliki suara terendah dari instrumen woodwind yang lain. Fagot atau basun ((Inggris) bassoon) adalah sebuah jenis alat musik tiup yang terbuat dari kayu. Fagot terbagi atas pipa panjang berbentuk "U" dan logam berbentuk "S" dengan lidah ganda. Alat musik ini memiliki sebuah corong (bore) kerucut dan panjang alat musik ini adalah sekitar 8 kaki (2.5 m). Alat musik terbagi atas lima bagian yang terpasang menggunakan desain "duri". Ada dua jenis fagot yang banyak dibuat, yaitu yang mempunyai corong panjang dan corong pendek. Fagot dengan corong panjang menghasilkan nada yang lebih "gelap".  Lebih jauh lagi, fagot bercorong panjang secara umum dipercaya mampu menghasilkan bunyi dengan intonasi yang lebih nyata. Di sisi lain, fagot dengan corong pendek cenderung lebih sulit untuk dikendalikan, oleh karena itu alat musik fagot jenis ini lebih sulit dikendalikan. Alat musik ini berperan dalam menghasilkan nada rendah. Fagot tidak mampu beroprasi lebih dari satu oktaf tanpa mengorbankan kualitas suara. Alat musik fagot dinilai mempunyai kesamaan sejarah, karakteristik mekanis, dan karakteristik fisik dengan alat musik tiup oboe.
8. Harmonika
Harmonika adalah alat musik kecil serbaguna yang digunakan untuk memainkan hampir setiap jenis musik dalam berbagai budaya di seluruh dunia. Meskipun pada awalnya kelihatan membingungkan untuk dipelajari, harmonika sebetulnya adalah alat musik yang mudah dan menyenangkan untuk dimainkan. Baca langkah-langkah di bawah ini untuk belajar memainkan harmonika.
Ø  Cara memegang harmonica seperti pada gambar berikut :

Ø  Teknik dasar meniup harmonica
Latihan dengan cara meniup dan mengambil dari nada, Do – Re – Mi – Fa – So – La – Si – Do, dengan catatan  C = Tiup, E = Sedot, G = Tiup, C = Sedot, C = Tiup, E = Sedot, G = Tiup, C = Sedot. Lakukan hal tersebut secara terus menerus.


 








9. Seruling / Recorder
Recorder termasuk alat musik tiup yang nadanya dihasilkan dengan membuka tutuplubang2nya.Ada 8 lubang yang bisa dibuka tutup, 7 lubang di atas dan 1 lubang di bawah. posisi jari adalah sebagai berikut: 

Ø  -lubang di bawah untuk jari jempol kiri 
Ø  -lubang pertama dekat mulut (yg bulet) dengan jari telunjuk kiri 
Ø  -lubang kedua dengan jari tengah kiri
Ø  -lubang ketiga dengan jari manis kiri
Ø  -lubang keempat dengan jari telunjuk kanan
Ø  -lubang kelima dengan jari tengah kanan 
Ø  -lubang keenam dengan jari manis kanan
Ø  -dan lubang ketujuh dengan jari kelingking kanan
cara meniup perlu dilatih dengan baik, supaya suara yg dihasilkan lebih baik. kalau meniup terlalu keras, suara yg dihasilkan akan pecah. recorder yang umum dipakai anak2 sekolah adalah recorder soprano. selain soprano ada juga recorder sopranino, alto, tenor dan bas. masing2 recorder ini memiliki ambitus (rentang nada)yang berbeda-beda. recorder soprano berbasis nada C, jadi nada terendah adalah c'.sedangkan sopranino dan alto berbasis nada F. hanya saja antara sopranino dan alto tone-     n ya berbeda 1 oktaf.masing2 recorder memiliki rentang nada rata 2 oktaf  lebih sedikit. tapi kalau di kurikulum sekolahan(dulu) diajarkan sampai 1,5 oktaf. di sinipun saya hanya mencoba menjelaskan sampai 1,5oktaf saja biar gak susah.recorder soprano yg diurai di sini memiliki nada terendah C' jadi recorder ini tidak bisa memainkan melodi lagu yg memiliki nada lebih rendah dari C'. seperti alat musik lain, recorder juga bisa memainkan nada2 semitone/kromatis.



No comments:

Post a Comment