Saturday, October 19, 2013

Penyuluh Pertanian Berikan Informasi Teknologi Terbaru

Penyuluh Pertanian Berikan Informasi Teknologi Terbaru
Maju dan berkembangnya petani pada suatu daerah sangat bergantung kepada motivasi yang diberikan tenaga penyuluh. Begitu juga di Rokan Hulu, aktifnya penyuluh dalam memberikan informasi
terhadap penerapan teknologi terbaru kepada petani merupakan modal dasar dalam memajukan dunia usaha pertanian. Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan membuat program bagi penyuluh, untuk berperan aktif dalam memberikan informasi terhadap perkembangan teknologi pertanian terbaru yang ditemukan.
Sejauh ini, BKPP Kabupaten Rokan Hulu telah melakukan program untuk pelaksanaan pertemuan dan sosialisasi satu kali dalam dua pekan bagi seluruh  petugas penyuluh disetiap Kantor Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB)-Badan Penyuluhan di Kecamatan se Kabupaten Rokan Hulu bersama masyarakat petani.

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan, M Ruslan melalui Kabid Programa dan Materi Penyuluhan, H Nuhi Siregar, kepada Haluan Riau, Jumat (27/7).
“Program pemberian sosialisasi berdasarkan materi yang telah ditetapkan, terus dilakukan oleh penyuluh bersama petani pada masing-masing kantor unit pelaksana teknis badan di kecamatan. Melalui kegiatan sosialisasi dan penyampaian informasi pertanian tersebut, petani lebih mengerti untuk menerapkan teknologi terbaru yang ditemukan," jelasnya.
Dia menjelaskan, sebagai contoh penerapan teknologi pertanian terbaru adalah penemuan bibit unggul dari komoditi padi. Dengan pelaksanaan sosialisasi yang dilakukan di Kantor UPTB-BP di kecamatan, petani akan lebih cepat mengerti dengan penyampaian penyuluh secara langsung kepada mereka.
Pelaksanaan sosialisasi yang dilaksanakan satu kali dalam dua pekan tersebut dihadiri seluruh penyuluh dari berbagai satker.
Sementara, materi dalam pelaksanaan sosialisasi dan penyampaian informasi oleh penyuluh kepada petani dalam berbagai kesempatan yang telah dijadwalkan tersebut adalah, penemuan teknologi terbaru yang didapatkan dari Badan Penyuluh Teknologi Pertanian Pekanbaru.

No comments:

Post a Comment