Friday, October 25, 2013

Ilmuwan Menemukan Protein yang Membantu Tanaman Mengatasi Cekaman

Padi toleran dan rentan terhadap salinitas tinggi. © IRRI 
Sebuah tim ilmuwan dari Dartmouth College, University of Aberdeen, dan University of Lausanne telah menemukan sebuah protein yang memainkan peran penting dalam penggunaan air dan sari makanan oleh akar. Penemuan ini merupakan satu langkah kunci dalam memperbaiki produksi dan kualitas tanaman pangan serta tanaman bahan bakar nabati.

Dalam penelitian mereka, para ilmuwan tersebut mengidentifikasi sebuah protein bernama ESB1, yang terlibat dalam penumpukan lembar-lembar lignin pada saat awal dari perkembangan larik Casparian dan peleburan dari lembar-lembar ini menjadi sebuah pita lignin yang bersambungan bersamaan dengan pematangan larik Casparian ini. Larik Casparian merupakan sebuah bentuk penghalang seluler. Ia membantu tanaman mentoleransi sejumlah cekaman atau stress seperti salinitas, kekeringan dan genangan.
Tanaman memakai penumpukan lignin di berbagai jenis sel dan sebagai respon dari berbagai cekaman lingkungan. Dengan memahami secara lebih baik proses penumpukan lignin ini, para ilmuwan pada akhirnya mungkin akan bisa mengubah kandungan lignin di dalam tanaman untuk mendorong produksi tanaman pangan dan bahan bakar nabati.

No comments:

Post a Comment