Wednesday, April 23, 2014

Perbandingan Pupuk Organik VS Pupuk Kimia

Hai sobat pembaca setia serbatani,,,,,kali ini saya akan memberikan sedikit informasi tentang manfaat pupuk organik dibandingkan dengan pupuk kimia
ok kalau gitu langsung ajha ke pokok permasalahan...........


  •       PUPUK ORGANIK 
Pupuk organik berbeda dari pupuk yang berbahan kimia, pupuk organik ini memberikan makanan dan nutrisi bagi tanaman selain itu juga pupuk organic berperan dalam  membangun struktur tanah yang mulai rusak akibat penggunaan pupuk kimia. Tanah dengan banyak bahan organik akan tetap longgar dan lapang dan lebih mampu menahan kelembaban dan nutrisi, mendorong pertumbuhan organisme tanah, termasuk cacing tanah, dan meningkatkan perkembangan akar sehat. Membangun tanah yang sehat adalah kunci untuk berkebun organik sukses.
Keuntungan lain dari pupuk organik, adalah bahwa mereka dibuat dari sumber tanaman dan hewan, atau dari bubuk batu. Bahan-bahan ini perlu dipecah oleh mikroba tanah dalam rangka untuk mencukupi kebutuhan nutrisi mereka, dan itu membutuhkan waktu. Karena pupuk organik bekerja lambat, itu memberikan nutrisi jangka panjang dan mantap, daripada pertumbuhan berlebihan.
Selain maanfaat diatas pupuk organic juga memiliki keunggulan yang lain yaitu cara pembuatannya tidaklah sulit dan cepat karena semua bahan yang kita butuhkan dalam pembuatannya sudah tersedia di alam.
  •    PUPUK KIMIA
Di sisi lain, pupuk kimia bekerja dengan cepat, ini merupakan hal yang baik, karena itu yang banyak petani inginkan. Mereka dapat membuat taman menjadi buruk atau rumput terlihat baik lebih cepat daripada yang bisa dilakukan pupuk organik. Namun, itu pendapat saya bahwa nutrisi yang dilepaskan terlalu cepat, sehingga menciptakan banyak pertumbuhan akar atas sebelum mampu mengejar ketinggalan. Semacam ini sering menyebabkan pertumbuhan tanaman lemah. Juga, karena mereka begitu kaya, bahan kimia sintetik yang dipakai berlebihan dengan mudah bisa “membakar” akar atau membuat konsentrasi garam beracun.
Pupuk kimia tidak akan memperbaiki struktur tanah. Bahkan, karena mereka terdiri dari konsentrasi tinggi dari garam mineral, mereka mampu membunuh banyak organisme tanah yang bertanggung jawab untuk dekomposisi, dan pembentukan tanah. Jika bahan kimia hanya ditambahkan, tanah secara bertahap kehilangan bahan organik dan aktivitas mikrobiotik. Penggunaan bahan kimia ini akan merusak struktur tanah, keras dan kurang mampu menahan air dan nutrisi. Hasilnya adalah cukup jelas – Anda akan harus menggunakan pupuk kimia ini dengan lebih dan lebih banyak lagi.



No comments:

Post a Comment